Maulid Nabi di Masjid t-Taqwa Bintuni, Ustadz  Jammaludin Jelaskan Makna Pohon Telur

0
100
Ustad Jammaludin Salla

BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi ke 1441 H, pengurus Masjid At- Taqwa, Kampung Argosiegemerai SP 5 menggelar Solawatan dan Istigosah.

Peringatan yang di pusatkan di Masjid At -Taqwa, Kampung Argosigemerai, Bintuni Timur, Minggu (24/11/2019),  mengusung tema “Meneladani ahlak Rosululloh SAW sebagai bekal peribadi yang unggul”. Pada peringatan Maulid Nabi tak ketinggalan ada Pohon Telur yang di disiapkan oleh ibu -ibu majelis taklim At – Taqwa sebanyak 15 pohon.

Adapun pohon telur ini di buat dari batang pohon pisang, bambu sebagai ranting yang diujungnya di hiasi telur rebus. Ustad Jammaludin Sala, dalam tausiyahnya, menjelaskan makna dari pohon telur yang selalu ada disetiap peringatan Maulid Nabi.

Dikatakannya batang pisang yang digubakan ini melambangkan, bahwa umat Islam harus berbuat baik telebih dahulu sebelum mati. “Sama seperti pohon pisang akan mati setelah berbuah atau setelah memberikan manfaat kepada orang lain,” ujarnya.

Sementara bambu yang teguh lurus dan kuat melambangkan keteguhan hati iman setiap orang Islam kepada Tuhannya. Bambu yang hidupnya merumpun melambangkan sosialisasi atau hubungan antar sesama umat Islam, umat Islam dengan umat lainnya dan umat Islam kepada Allah. “Untuk telur melambangkan kelahiran Nabi Muhhammad SAW yang lahir ke bumi pada 12 Rabiul Awal,” terangnya.

Ia mengatakan ahlak Nabi Muhammad Rasulullah  adalah seorang Nabi yang sabar, pemaaf dan rendah diri. Sehingga perlu diteladani dan menjadi contoh panutan bagi umat Islam.

Dihadiri ratusan warga umat muslim dari wilayah SP, Kota Bintuni, hingga Sibena, peringatan Maulid Nabi kali ini dimeriahkan dengan pembacaan solawat dan penampilan putra- putri Taman Pendidikan Islam (TPA) serta remaja masjid At- Taqwa. (at)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.