Masyarakat Bintuni Mau Mudik? Kapolres Junov Siregar: Silahkan Tidak Ada Penyekatan

0

BINTUNI,KLIKPAPUA.com- Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, tahun 2022, masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni sudah diperbolehkan melakukan perjalanan keluar daerah atau mudik untuk berkumpul bersama dengan keluarga.

Hal ini disampaikan Kapolres Teluk Bintuni AKBP Junov Siregar, usai pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Mansinam Rabu (27/4/2022) di lapangan Mapolres Kampung Iguriji, Distrik Manimeri.

Apel gelar pasukan operasi Ketupat Mansinam Tahun 2022 melibatkan TNI, Dinas Perhubungan, Basarnas dan Satpol PP.

Dikatakan, sebagaimana diketahui 2 tahun belakangan ini karena dalam situasi pandemi Covid-19, kegiatan atau aktifitas masyarakat sangat dibatasi terkait dengan aturan yang ditetapkan pemerintah, namun khusus tahun ini mudik diperbolehkan tanpa adanya aturan penyekatan dan pemeriksaan warga baik yang masuk maupun keluar.

“Untuk tahun 2022 pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat dalam merayakan idul Fitri, sehingga dapat dipastikan aktifitas masyarakat menjelang hari raya pasti sangat padat di mana masyarakat pastinya banyak yang melaksanakan mudik maupun arus balik pasca hari raya,” ujar Junov.

Dijelaskan dalam wilayah hukum Polres Teluk Bintuni menyiapkan 3 pos yakni pos pengamanan di pertigaan salon gaul kampung lama, pos pelayanan di pasar sentral dan pos terpadu di SP 4, terkait dengan pos ini pihaknya akan menyiapkan pelayanan dengan melibatkan instansi terkait seperti penyiapan vaksin dan pelayanan lainnya.

“Pelayanan hari raya ini kita harus tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat kepada warga yang mudik maupun yang tidak menjelang dan pasca hari raya,” kata Junov lagi.

Dalam operasi ketupat tersebut, pihaknya menurunkan sebanyak 300 orang personil dan masing-masing 2 orang dari Satpol PP, Perhubungan dan Basarnas.

Ditanya mengenai penindakan pelanggar, Junov mengatakan Polres sendiri lebih mengutamakan teguran dan imbauan tanpa memberikan sanksi bagi pelanggar sesuai dengan imbauan Kapolri.

“Saya mengimbau warga tetap waspada menjelang maupun pasca lebaran, Kita sama-sama mengantisipasi tingkat kejahatan maupun kriminalitas, kami harapkan masyarakat tetap menjalin sinergitas maupun kekompakan, jaga tali silaturahmi maupun solidaritas sesama umat beragama,” pungkasnya.(dr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.