Masih Ada 8 Parpol di Teluk Bintuni yang Belum Mendaftar, Besok Hari Terakhir

0

BINTUNI,KLIKPAPUA.com–Sejak dibukanya pelayanan penerimaan berkas pengajuan bakal calon legislatif pada 1 Mei 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Teluk Bintuni hingga Sabtu (13/5/2023) resmi telah menerima berkas pengajuan bakal calon legislatif (bacaleg) dari 10 partai politik.

Hal tersebut disampaikan Eko Priyo Utomo, Devisi Tehnis Penyelenggara Pemilu KPU Teluk Bintuni yang didampingi Koordinator Bidang Organisasi dan Sumber Daya Manusia Bawaslu Teluk Bintuni, Selamet Widodo.

Dikatakan Eko, untuk esok hari, Minggu (14/5/2023) merupakan hari terakhir batas penerimaan pengajuan berkas bacaleg, dengan waktu pelayanan pukul 08:00 WIT hingga 23:59 WIT, dan masih ada 8 partai politik lagi di Teluk Bintuni yang belum mengajukan bacalegnya.

Selaku penyelenggara Pemilu, ia berharap disisa waktu satu hari kedepan, seluruh partai politik telah melakukan pengajuan berkas bakal calon legislatifnya.

Ketua DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Yohanis Manibuy bersama Sekretaris M Ramli dan Bendahara Parpol Erwin Beddu Nawawi, serta bakal calon legislatif dan para simpatisan usai menyerahkan dokumen pengajuan bakal calon legislatif langsung mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena telah mendaftarkan seluruh bakal calon legislatif, yang akan ikut berkompetisi dalam ajang Pemilu 2024 mendatang.“Berkas telah kami serahkan ke KPU, dan berkas kami dinyatakan lengkap,” ucapnya.

Pihaknya juga memohon do’a restu dari semua lapisan warga masyarakat Teluk Bintuni, untuk ikut mensukseskan pesta demokrasi mendatang.

Setelah Golkar, disusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang dipimpin Ketuanya Cholil Fardula Kokop, didampingi Sekretaris Abdul Rasid Fimbay, para bakal calon legislatif, serta simpatisan.

Dalam kesempatan itu, Cholil Fardula Kokop mengatakan, setelah mengikuti semua proses tahapan,seluruh berkas bakal calon legislatif yang diusung PKS telah dinyatakan lengkap, memenuhi syarat, termasuk keterwakilan perempuan.

“Saya selaku Ketua PKS mengajak seluruh simpatisan dan warga Teluk Bintuni untuk bisa mensukseskan Pemilu 2024 yang akan datang dengan harmoni dan bermartabat,” ucapnya.

Selanjutnya, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Teluk Bintuni yang giliran bertandang ke kantor KPU, untuk mendaftarkan bakal calon legislatifnya.

Ketua Partai Hanura Teluk Bintuni, Pius E Nafurbenan, bersama pengurus dan simpatisan usai menyerahkan dokumen pengajuan bakal calon legislatifnya mengatakan, hasilnya telah juga dinyatakan lengkap oleh KPU.

Selaku ketua,ia meminta kepada seluruh keluarga Partai Hanura dan bakal caleg agar terus berjuang mensukseskan Hanura di ajang Pemilu 2024 mendatang.

Pius E Nafurbenan juga menitip pesan bagi para bakal calon legislatifnya, seketika nanti setelah menjadi sebagai wakil rakyat agar benar-benar mendengar aspirasi masyarakat. Dan membuat program yang nyata bagi masyarakat.

“Sesuai motto kami di Hanura, mulai membangun dari kampung-kampung hingga kota, bukan sebaliknya, dari kota ke kampung-kampung,” tuturnya.

Selanjutnya,dibawah komando Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Teluk Bintuni Herman Ruban, yang didampingi Sekretaris Hamka, bersama bakal calon legislatif dan para simpatisan juga mendatangi KPU untuk menyerahkan dokumen pengajuan bakal calon legislatifnya

“Seluruh dokumen pengajuan telah memenuhi syarat di semua dapil, termasuk keterwakilan perempuan,” katanya.

Lanjut Herman mengatakan,untuk PKB, bakal calon legislatif untuk daerah pemilihan III 100 persen adalah Orang Asli Papua (OAP), Dapil II 95 persen (OAP),Dapil I campiran.

Ia juga mengajak agar seluruh warga masyarakat agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga pesta demokrasi akan datang dapat berjalan dengan aman dan damai.

Selanjutnya, disusul Partai Demokrat Teluk Bintuni yang langsung dipimpin oleh Ketua Partai Sonya E Larwuy, bersama pengurus dan para simpatisan yang mendatangi KPU guna melakukan pendaftaran, yakni menyerahkan dokumen pengajuan bakal calon legislatif.

Sonya E Larwuy  menyampaikan, hasilnya seluruh dokumen bakal calon legislatif dari Partai Demokrat telah dinyatakan lengkap dan terpenuhi keterwakilan perempuan oleh penyelenggara pemilu.

“Kami di Partai Demokrat ada 20 bakal caleg, dan masing-masing dapil terpenuhi semua, termasuk keterwakilan perempuan, karena ketua partainya Demokrat perempuan, saya berharap ada kaum perempuan yang ada duduk di kursi dewan, agar dapat melihat aspirasi kaum perempuan yang ada di teluk ini,” tegasnya.

Dikatakan Sonya, pihaknya tidak mendahului kuasa Tuhan, namun pihaknya optimis dan tetap terus bekerja dengan menargetkan sebanyak 4 kursi.(dr)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.