KLIKPAPUA.COM,BINTUNI – Tim penilai lomba kampung dari Provinsi Papua Barat mendatangi Kampung Argosigemerai, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten Teluk Bintuni, Kamis (13/6)
Kedatangan tim yakni untuk melaksanakan tugas menilai secara langsung turun ke lapangan terkait kegiatan lomba kampung.
Perwakilan Tim Penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Papua Barat, Dina Code mengatakan, Kampung Argosigemerai menjadi peserta ke tiga yang didatangau untuk  dinilai, dari sejumlah kampung yang ikut lomba  di sepuluh kabupaten/ kota se Papua Barat.
“Kegiatan lomba kampung ini merupakan bentuk dari evaluasi kepada pemerintah terbawah yang dilakukan secara berjenjang dalam tangan pembinaan, bukan hanya administrasi saja tapi semua aspek,” katanya.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan  Kampung, Teluk Bintuni, Lince Idorway mengatakan, kampung Argosigemerai menjadi pemenang dari 8 kampung berkembang yang ikut serta lomba kampung tingkat kabupaten. Sehingga ditunjuk untuk mengikuti lomba tingkat provinsi.
“Kampung ini merupakan kampung dengan potensi sayur terbesar sehingga diinovasikan sebagai kampung sayur,” kata Lince.
Mengenai penilaian, Lince menjelaskan bahwa yang dinilai yakni administrasi pemerintahan kampung, PKK, dan inovasi yang ada di dalam kampung.
Pasalnya, hasil penilaian tim penilai nantinya akan diumumkan segera, dan jika menang kampung Argosigemerai akan mewakili Provinsi Papua Barat ke tingkat nasional.
Sementara Wakil bupati teluk Bintuni Matret Kokop yang hadir dalam kegiatan ini menyambut gembira dan bangga dengan keikutsertaan Kampung Argosigemerai.
“Saya rasa bangga kehadiran tim penilai provinsi, yang bisa hadir ditengah tengah kita, untuk hasil penilaian say serhakan kepada tim penilai, lokasi ini saya yang buka dulu ketika masih jadi pegawai transmigrasi, mudah2an melalui momen ini ada potensi bingung yang bisa kita angkat,” katanya.
Wabup juga berharap Kampung Argosigemerai bisa menjadi pemenang lomba kampung tahun ini.
Dari pantauan antusias aparat kampung, PKK dan warga masyarakat Kampung Argosiegemerai nampak ketika menyambut tim penilai lomba kampung tingkat provinsi yang tiba di Balai Kampung.
Disambut dengan penyematan hiasan kepala khas Papua, dan kesenian Reog Ponorogo serta pencak silat, rombongan diarak menuju kantor balai kampung untuk mengikuti acar seremoni kegiatan lomba kampung.
Selanjutnya tim melakukan penilaian dan mengunjungi sejumlah tempat, salah satunya rumah sehat milik warga yang ada di jalur 2 timur. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.