BINTUNI,KLIKPAPUA.com– Komandan Pangakalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Teluk Bintuni, Jumat (19/3/2021).
Saat meninjau Pos TNI AL di Kampung Lama, Kota Bintuni, Danlantamal mengungkapan pos angkatan laut di Teluk Bintuni direncanakan akan dikembangkan menjadi Pangakalan TNI angkatan Laut (Lanal). Mengingat Kabupaten Teluk Bintuni memiliki wilayah perairan yang sangat luas, sehingga perlu dilakukan pengembangan organisasi. “Angkatan laut sebagai organisasi yang berkembang, kita punya beberapa aset di sini mau lihat juga secara langsung, apakah pos AL teluk Bintuni sudah memenuhi syarat menjadi Lanal atau belum,” katanya.
Dikatakannya untuk mengembangkan organisasi, perlu adanya pengembangan, khususnya di Papua wilayah timur Indonesia selama ini diketahui sudah mulai berdiri baik Lantamal, lanal dan pos pos AL. Selain itu, sesuai dengan ungkapan Bupati bahwa teluk bintuni akan menjadi kawasan ekonomi khusus, maka ia mengatakan perlu memiliki satu kapal TNI AL untuk mengawasi pergerakan di wilayah perairan. “Seperti diungkapkan Bupati bahwa Bintuni akan menjadi kawasan ekonomi khusus, sejalan dengan itu karena transportasi wilayah laut akan banyak digunakan sehingga, kita harapkan Angkatan laut mungkin perlu punya satu kapal” ujarnya.
Disinggung mengenai pengamanan objek vital kata Markoes hal itu baru akan dilakukan jika ada kerjasama atau MOU antara lembaga yang berwenang dengan pihak AL. “Kalo objek vital punya aturan tersendiri, kalo tidak ada kesepakatan lembaga berwenangan untuk kita mengamankan maka kita tidak, tapi kalo ada kerjasama atau MOU kita akan mendukung hal ini,” katanya lagi.
Sementara itu, ditanya mengenai rencana pembentukan Pos AL Markoes mengungkapkan masih akan melakukan peninjauan dan pemetaan lapangan  terlebih dahulu. “Berapa banyak pos AL itu kita belum tahu karena kita masih akan lakukan pemetaan dan peninjauan tempat terlebih dulu,” katanya.
Kedatangan Danlantamal di Pelabuhan Bintuni, sekitar Pukul 14.30 WIT, menggunakan KRI Posepa 970. Danlantamal yang didampingi istri Ny Nunik Markoes  disambut langsung Bupati Teluk Bintuni Ir.Petrus Kasihiw MT dan Ny. Frisca Pricilia Kasihiw, perwakilan TNI AD, dan sejumlah jajaran kepala OPD. Sesampainya di pelabuhan Rombongan langsung menuju Pos AL Kampung lama, dan melakukan bincang-bincang bersama serta penyampaian cinderamata Dari Bupati.
Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw dalam kesempatan tersebut menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Danlantamal yang sudah menjadwalkan kunjungan ke teluk Bintuni. Bupati mengatakan, Bintuni dalam kurun waktu yang tidak lama lagi akan menjadi wilayah ekonomi khusus yang tentunya membutuhkan pengamanan baik darat maupun lautnya. Selain melakukan peninjauan ke Bintuni, dijadwalkan pada Sabtu (20/3/2021) Danlantamal juga akan melakukan kunjungan ke Distrik Babo. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.