BPN Bintuni Serahkan 524 Sertipikat di Tiga Kampung Ini

0
92
Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw menyerahkan sertipikat tanah kepada perwakilan masyarakat dari tiga kampung itu di Kampung Tolak, Distrik Bintuni, Jumat (21/2/2020).
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Teluk Bintuni menyerahkan sertipikat hak atas tanah, yang termuat dalam program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di Kampung Tolak, Wesiri, Deima Kali Biru, Distrik Bintuni.
Secara simbolis sertipikat tersebut diberikan oleh Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw kepada perwakilan masyarakat dari tiga kampung itu di Kampung Tolak, Distrik Bintuni, Jumat (21/2/2020).
Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Teluk Bintuni, Varit Sakona mengatakan terkait dengan pengurusan sertipikat tanah, saat ini sudah tidak sulit lagi.
Untuk sertipikat yang diberikan ada sekitar 524, terdiri Kampung Wesiri 202 bidang tanah, Deima Kali Biru 238, Tolak 84. Ini merupakan program pemerintah pusat yang diusulkan oleh pemerintah kabupaten.
Perlu diketahui bahwa selama kurang lebih 4 tahun terakhir Badan Pertanyaan Nasional Teluk Bintuni mampu menerbitkan sertipikat kurang lebih 4 ribu atau 1000 per tahun. Jika dibandingkan tahun – tahun sebelumnya Bintuni yang masih bergabung dengan Manokwari hanya bisa menerbitkan sekitar 100 lembar sertipikat.
“Apabila kita proyeksikan dengan jumlah bidnag tanah yang belum terdaftar, jumlah itu belum signifikan, tapi ini membuktikan pengakuan pemerintah atas tanah yang dimiliki pemerintah dan masyarakat sangat luar biasa,” ujarnya.
Terkait dengan sejumlah bidang tanah di tiga kampung tersebut  yang belum tersertipikat karena masih ada sengketa batas, untuk itu pihak pemilik segera menyelesaikan. Sehingga BPN dapat segera menerbitkan sertipikatnya.
Sementara Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw mengatakan  ini merupakan program pemerintah pusat. Sehingga pemerintah daerah wajib mendukung dan mensukseskan pengakuan pemerintah atas hak tanah bagi masyarakat.
“Tanah – tanah milik masyarakat harus di sertipikatkan, sekali lagi saya terima kasih kepada Pertanahan,” kata Kasihiw. (at/bm)
Editor: BUSTAM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.