Bintuni Masih Kondusif Jelang 1 Desember

0
52

BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Menjelang peringatan Hari Budaya yang juga HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) 1 Desember, situasi keamanan di Kabupaten Teluk Bintuni masih kondusif.

Kapolres Teluk Bintuni, AKBP Andriano Ananta, Rabu (27/11/2019), mengatakan situasi keamanan di wilayah hukumnya masih kondusif. Sejauh ini pihaknya belum mendapati atau menemukan kasus – kasus yang mengarah pada dugaan persiapan peringatan 1 Desember.

“Sejauh ini, masih kondusif untuk Kabupaten Teluk Bintuni, saya katakan masih kondusif,” kata Kapolres melalui sambungan telepon seluler.

Meskipun demikian, Kapolres menegaskan, pihak kepolisian dan TNI terus bersinergi melaksanakan patroli gabungan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya gangguan – gangguan kemanan, ketertiban di masyarakat.

“Sudah dari tadi malam (Selasa malam), TNI dan Polri sudah melakukan patroli gabungan, mulai dari kilo meter (Distrik Bintuni) sampai ke wilayah SP (Distrik Manimeri) begitu bolak balik,” ujarnya.

Selain patroli gabungan, TNI dan Polri juga melaksanakan sweeping senjata tajam (Sajam), dan barang – barang yang dapat mengganggu ketertiban, kemanan, dan membahayakan masyarakat.

“Untuk sweeping gabungan kita laksanakan di dua titik, satu di Kampung Lama, dan satu lagi di simpang tiga Gedung Serba Guna (GSG), hasil sweeping ada sejumlah senjata tajam yang kita amankan, jangan sampai disalahgunakan, paling banyak karena masyarakat kita mayoritas berkebun, paling banyak parang,” ucapnya.

Sementara untuk personil, ada sekitar 100 anggota dari Polres dan Kodim Teluk Bintuni, yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Menurut Kapolres, patroli dan sweeping gabungan ini disiapkan bukan hanya untuk mengantisipasi peringatan HUT OPM saja, melainkan akan menjalankan tugas pengamanan hingga Natal dan Tahun Baru.

“Saya titip pesan petugas kami selalu di lapangan, baik TNI maupun Polri, kami tetap bersinergi, tolong petugas kami dimanfaatkan, selain mereka patroli, apabila ada informasi mencurigakan, mengganggu keamanan ketertiban, jangan segan – segan, memanggil mereka, silahkan mereka diperdayakan, karena kami TNI Polri mengabdi untuk negara melayani masyarakat,” pesan Kapolres. (at/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.