718 Pelamar Ikut Tes CPNS di Bintuni

0
921
KLIKPAPUA,BINTUNI – Sebanyak 718 orang mengikuti tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni, formasi tahun 2018 yang dilaksanakan tahun 2019.
Dibuka secara resmi oleh Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, tes seleksi tahap kedua ini secara online dengan sistem Computer Asissted Test (CAT) dilaksanakan di SMK N 1 Bintuni, SP 1, Distrik Manimeri, Rabu (24/4/2019).
Dalam arahannya, Bupati Petrus Kasihiw menyampaikan tes seleksi  ini merupakan formasi tahun 2018 yang tertunda pelaksanaannya dan baru bisa dilakukan tahun ini. Karena adanya pertimbangan dari pimpinan di provinsi.
Bupati menegaskan bahwa seleksi CPNS ini dilaksankan secara terbuka. Semua orang visa memantau jalannya tes online tersebut dengan melihat layar monitor yang tersedia di lokasi tunggu peserta tes.
“Bisa lihat di monitor depan, publik siapa saja boleh lihat, sampai tahapan proses tes online selesai,” katanya.
Sistem terbuka seperti ini kata Bupati merupakan perintah dari panitia seleksi nasional (Panselnas) dan juga daerah. Sehingga panitia bisa mempertanggungjawabkan hasilnya di hadapan peserta dan juga publik.
“Hasil seleksi nanti akan nampak di layar monitor, tapi ini beda ya tidak seperti ujian sekolah, dinyatakan lulus setelah mendapat nilai rata -rata A, hasil ini akan dilaporkan sampai ke Panselnas, keputusan kelulusan menjadi kesewenangan Panselnas,” katanya lagi.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan bahwa tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni akan melaksanakan tes CPNS dua kali. Yakni formasi tahun 2018 yang sedang berlangsung dan dalam beberapa bulan kedepan formasi tahun 2019 sendiri akan dilaksanakan.
“Nanti masih ada formasi 2019 akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019 ini, jadi ini berturut -turut bagi saudara -saudara, ya nanti tinggal Tuhan yang menentukan,” pungkasnya.
Tes seleksi formasi umum dengan metode CAT ini baru pertama kali dilaksanakan di Bintuni. Dimana tes ini merupakan tes kompetensi dasar yang terdiri dari 100 soal dan dikerjakan dalam kurun waktu 90 menit dan kemudian dilanjutkan fengan tes kompetensi bidang terdiri dari 20 soal dan diberi waktu 20 menit.
Pelaksanaan tes online akan berlangsung mulai 24 April – 2 Mei 2019. Setiap hari ada tiga sesi yang  mengikuti tes. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.