240 Peserta Lolos Administrasi dan Tes Tertulis Seleksi PPD di Bintuni

0
95

BINTUNI,KLIKPAPUA.COM– Ada sekitar 240 peserta yang dinyatakan lolos administrasi dan tes tertulis pada proses tahapan seleksi Panitia Pemilihan Distrik (PPD), untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Tahun 2020 di Teluk Bintuni.
Komisioner Divisi Logistik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Teluk Bintuni, Lukman Hasan, Rabu (12/2/2020) mengatakan tahapan yang saat ini sedang dilaksanakan yakni proses interview (wawancara) peserta. Dari total 24 distrik, sisa 6 yang belum selesai.

Dikatakannya, dalam proses tes wawancara ini ada sejumlah kendala yang dihadapi salah satunya kondisi geografis. Dimana peserta dari 6 distrik tersebut ada sebagian tidak bisa datang ke kantor KPU Teluk Bintuni, yang ada di wilayah Kota Bintuni, karena akses yang jauh.

“Tes wawancara ini, minus (belum selesai) 6 distrik yang kuotanya belum cukup, kan kuotanya 10, tapi yang datang itu untuk Distrik Wamesa cuma 2 orang, dari Babo baru 1, Merdey 6, terus di Kuri, Aroba dan Farfuwar, jadi ada 6 distrik, jadi hari ini teman – teman bagi tim untuk turun lakukan interview di lapangan,” katanya di halaman Kantor KPU Teluk Bintuni sesaat sebelum berangkat ke Distrik Wamesa.
Lukman menyatakan ters wawancara di distrik sudah disampaikan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Teluk Bintuni. Hasil tes wawancara yang sudah dilaksanakan juga telah dilaporkan.

Dikatakannya proses tes wawancara merupakan tahap terakhir. Dari total 240 yang akan dilantik sebanyak 120 orang, sementara sisanya jadi cadangan.
“Pertama itu kita kejar kuota, lebih dari 10 (per distrik), lalu dipangkas menjadi 10 (per distrik), nanti 5 dilantik, 5 lagi dicadangkan, setelah ini kita tinggal pelantikan (PPD) pada Tanggal 29 sesuai jadwal,” katanya.

Lukman menambahkan peserta yang ikut seleksi ini sebagian merupakan petugas PPD pada Pemilu Tahun 2019 lalu.
“Yang lama rata – rata ikut, tapi tidak semua, satu distrik dua, paling banyak tiga. Hasilnya nanti, kita lihat setelah penetapan, yang lama berapa,” pungkasnya.

Setelah selesai seleksi perekrutan PPD, KPU Teluk Bintuni telah menjadwalkan akan mulai melakukan proses tahap awal seleksi PPS pada 15 Februari mendatang. (at/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.