Dukung Penuh Musdat Lemata, Legislator Tambrauw Dominggus Manim: Lemata Tak Ada Unsur Politik

0

FEF, KLIKPAPUA.com- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tambrauw, Dominggus Manim mendukung penuh terselenggaranya musyawarah adat (Mudat) pembentukan Lembaga Masyarakat Adat (Lemata) di Fef, kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat Daya pada, Rabu (18/1/2023).

Politisi muda partai Golkar Tambrauw yang mewakili masyatakat di wilayah Pantura mulai dari pesisir Kasi hingga Abun bahwa, kegiatan Musdat pembentukan Lemata Tambrauw merupakan kegiatan yang luar biasa dimana tidak ada unsur politik.

“Kita mendukung penuh Musyawarah adatdi Kabupaten Tambrauw, karena akan ada lembaga besar yang merangkul lima sub suku di wilayah ini,” kata Dominggus kepada wartawan.

Dominggus menuturkan, lima sub suku diantaranya ada empat suku besar dan satu komunitas suku yakni Suku Mpur, Meyah, Ireres, Abun dan komunitas suku Bikar.

“Saya pikir lembaga yang akan dibentuk ini, tidak ada unsur politik. Itu hanya pandangan orang-orang yang tidak mengerti, politik 2024 ranahnya beda,” kata Dominggus.

Lembaga ini berdiri untuk mengakomodir nasib orang asli Tambrauw dalam rumah adat, sebagai wadah koordinasi empat suku besar dan satu komunitas.

Legislator DPRD Tambrauw ini juga berharap, Berdirinya Lemata ini nantinya dapat mengakomodir 29 distrik dan 216 kampung dengan lima sub suku di kabupaten Tambrauw. Untuk dapat membahas nasib masyarakat kedepan, serta menghadirkan hak-hak adat Tambrauw kedepan. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.