SKK Migas – Petrogas Gelar Pelatihan Kewirausahaan untuk Kemandirian Ibu Rumah Tangga di Kampung Arar

0
63
SKK Migas Perwakilan Pamalu- KKKS Petrogas melaksanakan Pelatihan Kewirausahaan bagi kemandirian ibu rumah tangga di Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Senin (2/12/2019). (Foto: Humas SKK Migas Pamalu)
Pelatihan Kewirausahaan Bagi Masyarakat di Sekitar Industri Hulu Migas

SORONG,KLIKPAPUA.COM— SKK Migas Perwakilan Pamalu- KKKS Petrogas melaksanakan Pelatihan Kewirausahaan bagi kemandirian ibu rumah tangga di Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong,Senin (2/12/2019).

Kepala Humas SKK Migas wilayah Pamalu Galih W Agusetiawan mengatakan, pelatihan ini sebagai bagian dari tanggung jawab sosial berupa Program Pengembangan Masyarakat (PPM). Kegiatan yang dihadiri oleh Pemda Dinas Koperasi Kabupaten Sorong, tokoh agama, kepala kampung, SKK Migas Pamalu dan Petrogas  serta ibu-ibu peserta pelatihan kewirausahaan ini, kata Galih W Agusetiawan, bertujuan menyiapkan kemandirian ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.

“SKK Migas Pamalu menyampaikan PPM bidang ekonomi, yang merupakan komitmen industri hulu migas untuk berkontribusi dalam ikut menciptakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, agar mandiri, sehingga tidak bertumpu hanya pada kegiatan hulu migas yang telah ada,” jelas Galih W Agusetiawan.

“Pelatihan ini agar masyarakat menjadi mandiri secara ekonomi. Ini program pemberdayaan masyarakat yang disinergikan dengan pemerintah daerah, sehingga nantinya siap memiliki produk produk konsumsi. Hasil sumberdaya olahannya dapat dijual sebagai salah satu produk ungulan oleh- oleh atau souvenir kuliner khas daerah Papua,” tambah Staf Humas SKK Migas Perwakilan Pamalu, Ferry Runtuwene,yang menjadi nara sumber dalam kegiatan ini.

Pelatihan kewirasuwastaan, menurut Ferry Runtuwene, difokuskan pada usaha kelompok masyarakat, seperti pembuatan keripik ikan, tambak ikan dan kios-kios penjualan yang telah memilki kelompok kelompok pengelolaannya.

Senada disampaikan Deputy FOM Petrogas,Wawan Ridwan, bahwa kegiatan sosialisasi kewirausahaan ini untuk menciptakan kemandirian. “Perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan baik dari dinas koperasi dan KKKS, dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat di kampung yang berdampingan dengan usaha hulu migas,” kata Wawan Ridwan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sorong, La Ode, S.Sos, Msi mewakili Bupati Sorong mengatakan, untuk keberlanjutan pengembangan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, PPM SKK Migas KKKS dan Pemda Kabupaten Sorong ingin terus mendorong masyarakat agar terus meningkatkan kualitas usahanya, dengan membentuk kelompok koperasi berbadan hukum.

Bentuk dukungan keberlanjutan yang akan dibantu oleh Pemda Kabupaten Sorong adalah melalui upaya pemberian bantuan modal sesuai usaha kelompok kelompok yang ada, dengan seleksi proposal usulan oleh dinas koperasi. (rls/bm)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.