SMPN 4 Kaimana Gelar Pentas Seni

0
42
Pentas Seni yang digelar SMPN 4 Kaimana.

KAIMANA,KLIKPAPUA.COM– Berlangsung dalam balutan tema ‘Menciptakan Siswa Kreatif, Inovatif, Berkarakter, Berdikari Untuk Mencapai Masa Depan,’ Sabtu (30/11/2019), SMP Negeri 4 Kaimana yang beralamat di Kampung Sisir, Distrik Kaimana, menggelar kegiatan Pentas Seni Tahun 2019.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman SMPN 4 ini, dihadiri sejumlah tamu dari kota, beberapa kepala kampung, Babinsa, sponsor dari PT. Ameranus, serta ratusan warga dari Kampung Sisir dan kampung terdekat.

Pentas Seni yang digelar untuk pertama kalinya, sejak sekolah ini beroperasi pada tahun 2013, menampilkan sejumlah hasil karya siswa-siswi dari semua tingkatan, baik berupa kerajinan tangan maupun seni musik, tari dan seni peran sebagai bagian dari talenta yang dimiliki siswa-siswi.

Adapun seni peran, musik dan tari yang ditampilkan berupa; drama bertajuk bawang putih dan bawang merah, pantomin, duet, tari seka, fashion show, tari kontemporer, yospan, baca puisi, tarian berburu, serta solo dancer.

Selain seni peran, musik dan tari, kesempatan yang sama juga digelar pameran kerajinan tangan berupa pernak-pernik khas Papua, lukisan tangan, serta kuliner berbahan dasar lokal, termasuk bazar pertanian berupa produk sayur-mayur. Produk-produk yang dipamerkan dalam kegiatan ini, cukup diminati para pengunjung.

Ketua panitia kegiatan Robert Nabore mengatakan, Pentas Seni ini sudah dirancang sejak Bulan Agustus 2019, dengan berpatokan pada visi dan misi sekolah, dalam rangka menciptakan siswa produktif, kreatif, inovatif, berdikari serta berkarakter dalam meraih masa depan.

“Ada filosofi yang menjadi penyemangat kami, bahwa walaupun kami di kampung tapi kami tidak kampung. Anak-anak Mairasi juga ingin maju seperti anak-anak lainnya. Kami percaya bahwa dengan talenta yang Tuhan kasih mereka bisa menjadi pribadi yang suatu saat bisa mandiri,” ungkap Robert.

Sementara Kepala SMPN 4 Bartjelina Amelia Ojanggai, S.Pd pada pembukaan Pentas Seni mengatakan, pentas seni yang digelar dalam koridor sangat sederhana ini merupakan awal yang baik bagi siswa-siswi SMP Negeri 4 Kaimana, selaku generasi muda untuk bangkit mengembangkan talenta yang Tuhan berikan.

Dikatakan, kegiatan ini sejalan dengan visi sekolah yakni menciptakan insan cerdas, kreatif, inovatif, peka terhadap lingkungan dan kearifan lokal, serta mampu bersaing di era globalisasi. Melalui kegiatan ini lanjutnya, anak-anak bisa mengaktualisasikan dirinya lewat talenta yang Tuhan berikan.

Barce demikian sapaannya, menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia juga secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan PT. Ameranus yang selama ini telah banyak membantu bagi kelancaran penyelenggaraan pendidikan.

“Selaku pimpinan sekaligus mewakili rekan-rekan guru dan para siswa-siswi, saya  menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami. Ini menjadi kesempatan awal bagi kami untuk bangkit dan melihat talenta yang Tuhan berikan bagi anak-anak,” ujarnya.

Ia menegaskan, kegiatan Pentas Seni ini akan terus dikembangkan dan akan menjadi kegiatan rutin tahunan SMP Negeri 4 Kaimana. “Kegiatan ini akan terus kami lanjutkan, karena ini merupakan momen awal bagi kami untuk bangkit. Anak-anak Mairasi harus bangkit dan berdiri diatas kaki sendiri untuk membangun negeri,” pungkasnya. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.