Pangdam XVIII/Kasuari: Saya Ingin Jadikan Prajurit Kodam XVIII/Kasuari yang Profesional

0
129
Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) bersama istri dan rombongan saat disambut Makorem 181/PVT, Sorong.
SORONG,KLIKPAPUA.com–Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) mengatakan, saat memimpin Kodam dirinya ingin menjadikan Prajurit Kodam XVIII/Kasuari adalah prajurit-prajurit yang profesional. Ini dilakukan untuk menjaga stabilitas keamanan dan menjalankan kegiatan pembinaan teritorial (Binter) dalam rangka mendukung tugas pokok TNI-AD.
Demikian arahan Pangdam XVIII/Kasuari saat bertatap muka dengan Prajurit dan PNS di lingkungan Makorem 181/PVT, Senin (2/11/2020) di Makorem 181/PVT, Sorong, Papua Barat.
Tatap muka dengan warga Korem 181/PVT ini merupakan kegiatan awal dari rangkaian kunjungan kerja Pangdam XVIII/Kasuari ke satuan  yang berada di Kabupaten/Kota Sorong, Sorong Selatan (Sorsel), dan Raja Ampat.
Pangdam XVIII/Kasuari bersama Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuri Ny. Ade Nyoman Cantiasa dan didampingi Irdam, Kapoksahli Pangdam, Asren, Asops, Aster, dan Kazidam XVIII/Kasuari, sejak Minggu (1/11/2020) bertolak dari Makodam XVIII/Kasuari di Manokwari menuju ke Sorong guna melaksanakan kunjungan kerja selama sepekan guna melihat langsung situasi dan kondisi satuan dan bertatap muka dengan prajurit dan  Persit KCK yang bertugas di sana. Dari Sorong, rangkaian kegiatan Pangdam dan Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari dan rombongan ini akan berlanjut ke Sorong Selatan, dan Raja Ampat sebelum akhirnya kembali ke Manokwari.
Lebih lanjut Pangdam XVIII/Kasuari menyampaikan ucapan terima kasih dan bangga kepada seluruh Prajurit dan PNS Korem 181/PVT, terkait dengan hingga saat ini penilaian yang telah diberikan Rakyat Indonesia terhadap institusi TNI sebagai institusi yang mendapatkan trust (kepercayaan) tertinggi dari rakyat. “Hal ini, tentunya tidak terlepas dari karya dan pengabdian serta prestasi kita semua, khususnya sebagai Prajurit dan PNS di lingkungan TNI Angkatan Darat. Untuk itu, saya pribadi dan selaku pimpinan Kodam XVIII/Kasuari mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya,” ujar Mayjen I Nyoman Cantiasa, yang dalam kesempatan ini juga didampingi Danrem 181/PVT, Brigjen TNI Indra Heri.
“Hingga saat ini masih banyak keterbatasan di satuan kita. Namun dengan kerja keras, dedikasi dan pengabdian kalian itu bukan menjadi halangan, karena yang jelas jabatan itu adalah amanah dan kepercayaan, baik dari tingkatan Tamtama, Bintara, Perwira Pertama, Perwira menengah hingga Panglima. Itu semua adalah amanah dari Tuhan YME. Penugasan di tanah Papua Barat ini adalah merupakan tantangan namun jangan dijadikan sebagai momok. Untuk itu, kalau pimpinan sudah memberikan kepercayaan dengan menjabat di suatu tempat, misalnya menjadi seorang Babinsa, Staf atau PNS maka kalian harus disiplin dan tetap semangat. Kita harus kerjakan semaksimal mungkin, karena memang tidak ada yang sempurna didunia ini,” sambung Pangdam.
Terkait dengan tugas kewilayahan, Pembinaan Teritorial adalah kunci dalam pelaksanaan tugas. Jenderal bintang dua ini mengingatkan bahwa hasil akhir dari Pembinaan Teritorial adalah terciptanya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. “Kalau jauh dengan rakyat kita tidak bisa apa-apa. Kita TNI harus manunggal dengan rakyat, kalian harus diterima, harus bersatu karena TNI adalah bagian dari rakyat. Ancaman ke depan ini bukan ancaman perang berupa datangnya musuh yang secara fisik masuk ke wilayah Indonesia saja tetapi juga meliputi ancaman di bidang Ipoleksosbud (Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya),” kata Pangdam.
Pada kesempatan ini pula, Pangdam juga mengapresiasi pelaksanaan tugas Satuan jajaran Korem 181/PVT atas peran aktifnya dalam penanganan pandemi Covid-19 di wilayah dan menyukseskan program Ketahanan Pangan guna membantu mengatasi dampak merebaknya Covid-19.
“Saya juga menyampaikan terima kasih, saat ini agenda kita tentang masalah kesehatan yaitu pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19, dari hasil laporan dari Korem, Kodim, dan Batalyon, pelaksanaan tugas kita sudah berjalan dengan baik. Dari laporan para Dansat sudah banyak perubahan-perubahan tentang masalah Covid-19. Intinya laksanakan 3M (Menggunakan masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak). Kita harus hidup berdampingan dengan virus corona karena sampai dengan sekarang vaksinnya belum ditemukan,” ucap Mayjen I Nyoman Cantiasa.
Usai memberikan arahan, Pangdam XVIII/Kasuari menyerahkan bantuan 1 unit motor Viar untuk operasional Korem 181/PVT, penanaman pohon satuan di area Makorem, dan memberikan bantuan APD dan masker kesehatan untuk Rumkit TK. IV dr. Aryoko, Sorong. Adapun Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari memberikan bantuan berupa timbangan dan pakaian batik untuk Posyandu Korem 181/PVT. Selanjutnya Pangdam dan Ketua Persit KCK PD XVIII/Ksr dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Makodim 1802/Sorong.(rls/kp1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.