Mama Papua Penjual Pinang Mendapat Pendampingan Lewat Koperasi

0
102
Mama Penjual Pinang di Manokwari
MANOKWARI, KLIKPAPUA.com– Masa Pandemi Covid-19 program pemberdayaan tetap digalakkan Pemerintah Provinsi Papua Barat, terutama untuk kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah  (UMKM). Program pemberdayaan ini diprioritaskan bagi Mama-mama Papua.
Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Sosial Papua Barat, Marthen L.Tironi, saat ditemui, Senin (2/11/2020). Kata Marthen, bantuan yang diberikan bukan saja dalam bentuk fisik atau modal usaha, namun juga diberikan pendampingan khusus melalui koperasi. “Sehingga kita sudah siapkan Koperasi Konsumem Karya Cenderawasi Mandiri ( KCM) khusus untuk pengusaha atau mama-mama yang berjualan pinang yang selama ini kita bangun tempat jualannya dan kita bina,” ujar Marthen.
Koperasi KCM akan merangkul mereka dengan menjadikan mereka sebagai anggota dan bagian daripada koperasi. Kopreasi KCM, diharapkan dapat memberikan pendampingan usaha dan pinjaman modal sesuai kebutuhan mama Papua setelah menerima fasilitas dan stimulan modal awal dari pemerintah.
Menurut Marthen, nantinya Koperasi KCM tetap akan menjalankan prinsip-prinsip koperasi dalam perjalanannya, juga akan berikan simpan pinjam memberikan bantuan modal usaha bagi mereka atau memberikan bantuan berupa bahan baku atau pinang ataupun kebutuhan kebutuhan sehari-hari. “Sehingga mereka tidak terlalu berharap kepada koperasi-koperasi yang mencekik leher dan sebagainya,” tuturnya.
Ditambahkannya, koperasi KCM juga akan menjembatani ke bank-bank tertentu, sehingga bank-bank itu bisa lebih mempercayai dan memberikan modal usaha bagi mereka. “Lewat koperasi  ini juga akan dibentuk berbagai macam pendampingan kemudian modal  untuk aktifitas mama-mama Papua,” pungkasnya. (aa)
Editor: BUSTAM    

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.