Perayaan Natal Perdana ARAB, Tema: ” Mereka Akan Menamakannya Imanuel”

0
276
Berpose bersama tokoh adat, tokoh masyarakat,tokoh agama,tokoh pemuda,tokoh perempuan, dan paguyuban di aula Alfa Omega,Waisai, Selasa (22/12/2020). (Foto: David/klikpapua)
WAISAI,KLIKPAPUA.com-Aliansi Raja Ampat Bersatu (ARAB) mengadakan perayaan Natal perdana di aula Serba Guna Alfa Omega, Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Selasa (22/12/2020).
Natal Aliansi Raja Ampat Bersatu dengan mengangkat tema: “Mereka Akan Menamakannya Imanuel”. Dan, Subtema:  ” melalui Natal Aliansi Raja Ampat Bersatu Bersama Seluruh Masyarakat Raja Ampat Membangun Kebersamaan Menuju Kedamaian “. Ibadah dipimpin Pendeta Chris Paraibabo, S.Th yang diawali dengan pembakaran lilin oleh masing – masing perwakilan.
Penasehat ARAB, Yan Mambrasar dalam sambutannya mengucap terima kasih kepada para lambaga adat, tokoh pemuda, paguyuban, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh masyarakat dan para undangan lainnya. Dijelaskan, lembaga ARAB dibentuk oleh empat lembaga masyarakat adat dengan satu konsep besar yang ingin diterapkan di Kabupaten Raja Ampat .
“Selama 15 tahun Kabupaten Raja Ampat dibentuk masyarakat terlihat sendiri – sendiri sehingga hadirnya lembaga ARAB untuk persatukan semua komponen, baik yang tergabung didalam lembaga masyarakat adat maupun ikatan – ikatan keluarga yang ada di Raja Ampat agar berjalan sesuai keinginan, ” ungkap Yan.
Menurutnya, Kabupaten Raja Ampat terbentuk untuk persatukan masyarakat raja ampat, baik masyarakat yang mendiami kabupaten ini maupun dari luar atau biasanya disebut masyarakat nusantara dan hal ini merupakan tujuan utama ARAB.
Yan menyebutkan bahwa ARAB bukanlah lembaga politik yang dibentuk sementara, namun untuk mempersatukan keluarga besar masyarakat raja ampat. Dan diketahui, terbentuknya lembaga ARAB dipengujung tahun sangat bertepatan dengan Pilkada sehingga mereka (ARAB) menguji apakah masyarakat dapat bersatu didalam konsep tersebut.
“Ternyata konsep ini berjalan dengan baik karena sebagian masyarakat menginginkan perubahan untuk membangun kabupaten bahari ini. Jadi, inilah konsep utama kita bentuk ARAB. Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu membangun raja ampat. Kemudian kesan saya terhadap perayaan natal yang didukung oleh ARAB, meski waktunya cukup singkat tapi menurut pengamatan kami bahwa natal saat ini cukup sukses, “ujarnya
Tak hanya itu, perayaaan natal ARAB juga bertepatan dengan hari ibu yang mengingatkan umat kristen bahwa Yesus dilahirkan dari seorang ibu yang memberikan nafas kehidupan bagi manusia. “Ini hari bersejarah dimana tanggal 22 hingga 25 Desember 2020  menjadi satu perubahan besar untuk warga masyarakat di Kabupaten Raja Ampat, ” pungkas Yan. (djw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.