Pemkab Raja Ampat Gelar Upacara Pembukaan Sepak Bola “Patah Kaleng”

0
218
Wabup Raja Ampat, ORI saat menendang bole pertama tanda dimulainya pertandingan "Patah Kaleng". (Foto: David/klikpapua)
WAISAI,KLIKPAPUA.com—Pemerintah¬† Kabupaten Raja Ampat menggelar upacara pembukaan sepak bola “Patah Kaleng” dalam rangka menyongsong HUT Kabupaten Raja Ampat ke – 18, yang jatuh pada 9 Mei 2021. Upacara pembukaan berlangsung di lapangan Apel kantor Bupati, Distrik Kota Waisai, Raja Ampat, Rabu (5/5/2021).
Arahan Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam, mengatakan pertandingan patah kaleng adalah salah satu olah raga tradisional. Pertandingan patah kaleng sebagai salah satu kegiatan alternatif, karena tidak melibatkan peserta yang banyak saat bertanding. “Karena itu, tim yang ikut bertanding didalam kegiatan ini dibatasi dan – pemain tim yang ikut bertanding ada sebanyak 4 orang, ” terang ORI, sapaan akrabnya.
Sejumlah tim mengikuti upacara pembukaan di lapangan apel kantor Bupati Raja Ampat, Rabu (5/5/2021). (Foto: David/klikpapua)
Lanjut, menurut dia, pertandingan patah kaleng dapat dilakukan dimana saja, karena tidak membutuhkan ruangan atau lapangan yang luas. Meskipun tradisional namun dapat memupuk semangat, kekompakan dan kekeluargaan.
Dalam situasi pandemi Covid-19 dan juga bulan Ramadhan, warga masyarakat harus mengurangi kerumunan agar menekan potensi munculnya kasus covid-19. “HUT ini tidak banyak kegiatan yang kami lakukan. Kegiatan ini juga untuk memotivasi bibit – bibit baru dibidang sepak bola salah satunya patah kaleng, ” tuturnya.
ORI berharap, pertandingan tersebut dapat berjalan aman dan tertib hingga akhir dengan tetap menjaga protokol kesehatan terutama penonton. “Jadi, kita harus utamakan protokol kesehatan khusus yang berada diluar lapangan. Penonton harus pakai masker saat menonton pertandingan tersebut, ” pungkasnya. (djw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.