Bupati Freddy Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021

0
KAIMANA,KLIKPAPUA.com—Bupati Kaimana, Freddy Thie, tampil perdana memimpin apel gelar pasukan operasi ‘Ketupat-2021’ yang digelar di Halaman Mapolres Kaimana, Rabu (5/5/2021). Hadir pada kesempatan itu, Wakapolres Kompol Kristian Sawaki, Dandim 1804 Kaimana Letkol Inf. Chairi Suhanda, Danyon 764/IB Letkol Inf. Dwi Dipoyono dan para peserta upacara dari TNI dan Polri, Basarnas, BPBD Kaimana, serta lainnya.
Bupati Freddy membacakan sambutan tertulis Kapolri Jendral Drs. Listyo Sigir Prabowo, M.Si mengatakan, tahun 2021 ini Pemerintah memutuskan melarang kegiatan mudik bagi seluruh masyarakat pada tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.
Ini adalah tahun kedua dimana pemerintah telah mengambil kebijakan untuk melarang warga masyarakat melakukan perjalanan mudik pada libur Idul Fitri karena situasi pandemo Covid-19. “Kita menyadari larangan pemerintah ini tidak serta merta dipatuhi oleh masyarakat, sehingga potensi pergerakan orang untuk melakukan perjalanan mudik masih cukup tinggi. Begitu tingginya niat serta gigihnya masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik sehingga perlu antisipasi dan kesiapan petugas,” ujar Kapolri.
Operasi ketupat lanjutnya, akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggl 6 hingga 17 Mei 2021 dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.
Untuk menghadapi tugas mulia dalam rangka pengamanan Idul Fitri Tahun 2021 demikian Kapolri, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian para petugas, di antaranya; siapkan mental dan fisik, lakukan deteksi dini dengan megoptimalkan peran fungsi intelijen dan Babinkamtibmas, tingkatkan kepekaan dan kesiapsiagaan, cegah agar masyarakat tidak bermain petasan, koordinasikan dengan Satgas Covid-19, laksnakan penegakan hukum secara profesional dan jalin kerjasama yang harmonis dengan seluruh instansi.
Upacara ditutup dengan penyematan pita oleh Bupati Kaimana Freddy Thie kepada para petugas pengamanan yang diwakili satu anggota TNI dan Polri. (iw)

Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.