Sambut Pilkada 2020, DPRD Ingatkan ASN Jaga Netralitas

0
358
Anggota DPRD Pegaf dari fraksi Pegaf Sejahtera, Yosam Indou.
PEGAF,KLIKPAPUA.COM– Sambut kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 di Kabupaten Pegunungan Arfak, DPRD Pegaf ingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas.
Anggota DPRD Pegaf dari fraksi Pegaf Sejahtera, Yosam Indou, mengatakan, ASN merupakan aparat birokrasi yang tugasnya untuk melayani publik, bukannya ikut terjun dalam politik praktis.
Untuk itu politisi termuda di DPRD Pegaf ini mengatakan, ASN wajib menjaga netralitas menjelang pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Pegaf. “ASN merupakan abdi negara yang bebas dari kepentingan politik. ASN harus menjaga Netralitas dan tidak ikut dalam politik praktis,” imbau Yosam, saat dihubungi melalui via telepon, Senin (27/1/2020).
Sebagai abdi negara, ASN diikat dengan aturan yang melarang mereka untuk terlibat langsung di dalam politik praktis, namun ASN tetap diperbolehkan untuk memiliki hak politik untuk memilih.
Yosam meminta pengawasan terhadap ASN juga harus dilakukan, Bawaslu sebagai lembaga pengawas pilkada harus jeli mengawasi seluruh ASN untuk tidak masuk terlibat maupun dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan politik praktis menjelang pilkada serentak tahun 2020. (rsl/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.