Lapangan Irai akan Jadi Pusat Sarana Olahraga Pegaf

0
594
KLIKPAPUA.COM,PEGAF— Pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) berniat mengubah perwajahan Lapangan Irai.
Lapangan yang berlokasi di Jalan Drs Dominggus Mandacan, Distrik Anggi ini akan disulap menjadi pusat sarana olahraga di Legaf.
Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak, Yosias Saroy, di Distrik Anggi, mengatakan, pembangunan pusat sarana olahraga di Lapangan Irai, dilakukan pemerintah daerah semata-mata untuk mendukung pengembangan olahraga di daerah itu.
“Lapangan Irai rencananya kita akan jadikan sebagai pusat sarana olahraga di Pegaf,” kata Yosias saat ditemui, beberapa waktu lalu.
 Menurutnya olahraga merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membawa nama harum daerah.  Maka sepatutnya pemerintah daerah mendukung  pengembangan olahraga di negeri atas awan Papua.
Yosias yang juga sebagai Ketua KONI Pegaf menuturkan,  bentuk dukungan pemerintah daerah dalam pengembangan olahraga adalah dengan menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana olahraga untuk warganya.
Dengan pembangunan pusat sarana olahraga di Lapangan Irai, diharapkan menjadi tempat  anak-anak  muda  untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya.
“Banyak anak-anak yang memiliki bakat, jadi tugas Pemda menyiapkan sarana dan prasarana olahraga,” ungkapnya.
 Kondisi Lapangan Irai saat ini masih belum layak digunakan sebagai lapangan sepak bola, maupun digunakan untuk olahraga lainnya. Kondisi lapangan yang berbatu dan berlubang dinilai dapat dengan mudah mengakibatkan cedera. Sehingga menurut Yosias, pemerintah harus menyiapkan sarana olahraga yang layak.
“Hal ini yang mendorong Pemda untuk merenovasi lapangan, agar masyarakat mendapatkan fasilitas sarana olahraga yang layak,” ungkap Yosias.
Selain alasan tersebut, dengan adanya rencana tim Persatuan Sepakbola Pegaf (Persegaf) yang akan mengikuti kompetisi liga 3,  menjadi salah satu alasan Pemda untuk merenovasi lapangan tersebut.
Rencananya Lapangan Irai akan menjadi tempat pusat latihan (training center) dan home saat Lersegaf mengarungi kompetisi kasta ketiga.
“Kita juga akan jadikan stadion mini yang akan digunakan  oleh Persegaf,  jika Tuhan kehendaki akan mengikuti liga 3,” ungkapnya.
Selain lapangan sepak bola, pemerintah daerah juga akan membangun fasilitas olahraga lainnya. Fasilitas olahraga seperti lapangan voli, lintasan lari (atletik), badminton (bulu tangkis) akan dibangun berdampingan dengan stadion mini sepakbola.
“Selain stadion mini, akan dibangun juga lintasan lari, lapangan voli, bulu tangkis, dan sarana olahraga lainnya,” tutupnya.(rsl/bsm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.