DPRD Minta Pemda Pegaf Siapkan Lahan TPA

0
Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pegaf, Yehezkiel Towansiba.
PEGAF,KLIKPAPUA.COM– Sampah merupakan permasalahan yang terus dihadapi dalam kehidupan manusia. bukan hanya dikota besar, sampah kini juga terus menumpuk di daerah-daerah berkembang seperti di Kabupaten pegunungan Arfak.
Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pegaf, Yehezkiel Towansiba, meminta pemerintah setempat untuk menyiapkan lahan yang akan digunakan sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. “Kami (DPRD) mengharapkan kepada  Pemda, melalui dinas terkait baik itu dinas lingkungan hidup maupun PUPR agar segera mencari tempat pembuangan sampah di pegaf,” kata Yehezkiel, saat dihubungi melalui jaringan telepon, Selasa (18/2/2020).
Menurutnya, masalah sampah merupakan satu problem utama di daerah itu, terlebih kabupaten pegaf sudah ditetapkan sebagai salah satu daerah destinasi wisata di  Papua Barat. Selama lahan TPA tidak disiapkan, persoalan sampah diyakini tidak bisa diselesaikan. “Pemerintah daerah harus mengambil langkah serius untuk menindaklanjuti masalah sampah di pegaf. Lokasi TPA harus disiapkan, kalau tidak sampah akan terus menjadi pemandangan di pinggir sungai maupun di jalan,” tegasnya.
Selain mempersiapkan lahan TPA, Yehezkiel meminta pemerintah daerah juga perlu memberikan  sosialisasi tentang sampah kepada masyarakat. Khususnya bagi masyarakat yang bermukim di sekitar danau Anggigiji dan danau Anggigida, karena kedua daerah tersebut merupakan ikon pariwisata pegaf yang harus dijaga dan bebas dari sampah.
“Karena Pegaf ini daerah wisata, dinas lingkungan hidup harus menggandeng dinas pariwisata untuk melakukan sosialisasi tentang sampah. Jangan sampai tempat-tempat wisata di pegaf dipenuhi sampah,” imbuhnya.
Seperti yang telah diberitakan oleh media ini sebelumnya,  Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pegaf, Mulyanus Dowansiba, saat ditemui di Distrik Anggi beberapa waktu lalu,  mengatakan, pemerintah setempat belum mempunyai lokasi/lahan yang nantinya akan dipergunakan sebagai TPA.
Menurutnya, penentuan lokasi TPA tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru. Ada beberapa aspek yang harus di pertimbangan, sebelum menetapkan lokasi TPA di Pegaf. (rsl/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.