Bupati Yosias Minta Petugas Kesehatan Siaga 24 Jam Hadapi Covid-19

0
114
Bupati Pegaf Yosias Saroy secara simbolis memberikan 1000 masker dan 15 tangki semprot kepada Satgas Covid-19
PEGAF,KLIKPAPUA.COM– Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak Yosias Saroy meminta petugas kesehatan di seluruh pusat layanan kesehatan masyarakat (puskesmas)  di daerah ini terus bersiaga selama 24 jam dalam menghadapi pandemi virus korona atau covid-19.
Demikian disampaikan oleh bupati saat rapat bersama Tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 di kantor BNPB Pegaf, di Distrik Anggi, Rabu (8/4/2020).
Menurut Yosias, petugas kesehatan harus maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai garda terdepan dalam situasi seperti saat ini. Dalam menjalankan tugasnya, petugas kesehatan di 9 puskesmas dan 1 Pustu plus harus bertindak secara profesional dan meningkatkan etos kerja secara maksimal.
“Tenaga medis harus menjalankan fungsinya, dokter dan perawat harus siap siaga di masing-masing puskesmas. Nanti kalau ada masyarakat yang memiliki gejala-gejala tertular virus korona bisa langsung menghubungi petugas kesehatan di masing-masing puskesmas ataupun  ke tim satgas covid-19 yang ada,” kata mantan Ketua DPRD Manokwari ini.
Dengan kesiagaan petugas medis di puskesmas, Yosias meminta dinas kesehatan setempat untuk melindungi para tenaga medis tersebut dengan menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) yang memadai.
“Yang paling utama dan terutama, dinas kesehatan harus menyiapkan APD bagi dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Karena dalam melaksanakan tugasnya, merekalah yang akan bersentuhan langsung dengan pasien korona (kalau ada),” katanya.
Selain mensiagakan tenaga kesehatan di masing-masing puskesmas, Yosias juga meminta agar dinas kesehatan kabupaten pegaf untuk mensiagakan dokter dan para medis di 3 posko satgas covid-19.”Setiap Posko harus ada tenaga kesehatan bersiaga disitu. Baik itu di posko perbatasan Prafi-Minyambou dan Anggigida-Ransiki maupun posko utama di Distrik Anggi,” kata Yosias.
Dalam kesempatan tersebut, secara simbolis Bupati Kabupaten Pegaf memberikan seribu masker dan 15 tangki penyemprotan desinfektan kepada satgas covid-19 Pegaf. Di jadwalkan Satgas covid-19 akan melakukan penyemprotan desinfektan di seluruh wilayah distrik Anggi pada Kamis (9/4) besok. (rsl/bm)

Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.