Tekan Penyebaran Covid-19, Pemkab Mansel Fokus di Oransbari dan Ransiki 

0
38
Pjs Bupati Mansel, H.Musa Kamudi
MANSEL,KLIKPAPUA.com–Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan akan kembali melakukan upaya preventif (pencegahan) kepatuhan terhadap penerapan protokol kesehatan dalam rangka mencegah dan menekan penyebaran Covid-19. Hal ini menyusul semakin meningkatnya penyebaran kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Manokwari Selatan.
“Meskipun tidak sebanyak Kota Sorong atau beberapa kabupaten lainnya di Papua Barat,” ujar Pjs Bupati Kabupaten Mansel,  H. Musa Kamudi saat ditemui di kantor ruang kerjanya, Senin (9/11/2020).
Menurutnya dengan tindakan preventif, melakukan sosialisasi dan pembagian masker dan memberikan penindakan, diharapkan penyebaran Covid-19 di daerah itu akan semakin menurun. “Semua ini akan berhasil apabila ada partisipasi aktif dari masyarakat,” tuturnya.
Dikatakan Musa Kamudi, penerapan aturan nantinya bukan menakuti masyarakat, tetapi membuat masyarakat sadar bahwa pentingnya menjaga kesehatan. “Karena yang merasakan nantinya masyarakat sendiri, oleh sebab itu kewajiban dari pemerintah adalah melakukan sosialisasi dan memberikan imbauan,” ungkapnya.
Pelaksanaan operasi yustisi akan dilakukan minggu kedua, bertepatan  hari ulang tahun Mansel dan nantinya akan dilakukan pembagian masker. “Setelah pembagian masker sudah dilakukan dan belum juga di indahkan maka akan dilakukan penindakan,” jelasnya. “Harapan kita dengan penerapan sanksi ini masyarakat harus patuh dengan protokol kesehatan, sehingga Covid-19 di Mansel menurun,” tutur menambah.
Fokus operasi penerapan penertiban nantinya akan dilakukan di Distrik Oransbari dan Ransiki, yang mana wilayah tersebut sebagai daerah dimana terkonfirmasi positif. “Selain itu dua distrik ini jumlah penduduknya cukup banyak sehingga ini yang harus kita tertibkan, termasuk fasilitas umum seperti  pasar sebagai tempat pertemuan penjual dan pembeli,”ujarnya.
Sedangkan empat wilayah distrik lainnya seperti Momiwaren, Neney, Tahota dan Dataran Isim akan diupayakan jangan sampai ada yang terkonfirmasi. Kadis Kesehatan Mansel Demitrius Waran, saat ditemui di tempat terpisah mengatakan, upaya yang dilakukan dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 yakni dilakukan sosialisasi di tempat ibadah, sekaligus pembagian masker. (eap)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.