Perawatan Irigasi Oransbari Sementara Dihentikan

0
1043
Ilustrasi saluran irigasi persawahan.

MANSEL,KLIKPAPUA.COM – Meskipun belum tuntas, proses perawatan irigasi di wilayah Oransbari sementara waktu dihentikan oleh pengawas irigasi. Hal ini dilakukan untuk mendukung kelancaran pasokan air ke persawahan yang saat ini sudah memasuki musim tanam.

Pengawas Irigasi wilayah Oransbari, Karman, saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa penghentian sementara proses perawatan ini dipastikan tidak akan mengakibatkan melebarnya kerusakan pada irigasi.

Disampaikan bahwa perawatan tahunan sudah selesai pada tingkat perawatan dinding irigasi, sementara untuk perawatan lantai rencananya akan dilanjutkan setelah proses penanaman selesai.

“Nanti setelah selesai penanaman baru kita bertemu lagi dengan petani untuk menentukan waktu yang tepat agar untuk menutup kembali saluran agar proses perawatan lantai bisa di lanjutkan,” katanya.

Lebih lanjut, Karman menjelaskan, bahwa bendungan yang waktu banjir lalu jebol untuk sementara waktu sudah bisa dipastikan aman, walaupun perlu dilakukan perbaikan total. Sementara untuk saluran penghubung antara bendungan Warbiadi dengan bendungan Waroser menurut informasi akan dilakukan dalam waktu dekat. “Katanya tinggal tunggu kesiapan kontraktornya,” singkatnya.

Untuk diketahui bahwa proses penanaman padi di wilayah Oransbari untuk musim ini agak sedikit terlambat, hal tersebut akibat jebolnya bendungan serta saluran penghubung antara bendungan Warbiadi dan Bendungan Waroser beberapa waktu lalu.

Selain mengakibatkan keterlambatan tidak teraturnya pasokan air ke semua sawah juga mengakibatkan sistem penanaman di wilayah ini tidak lagi serempak.(st)

Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.