Kasdam XVIII/Kasuari Pimpin Upacara Tupdik Angkatan Pertama Siswa Dikmaba TA. 2022

0
MOMIWAREN,KLIKPAPUA.com – Sebanyak 91 siswa angkatan pertama Dikmaba tahun anggaran 2022 Kodam XVIII/Kasuari melakukan sujud syukur usai mengikuti upacara penutupan pendidikan (tupdik) di Rindam XVIII/Kasuari, Distrik Momiwaren Kabupaten Manokwari Selatan yang dipimpin Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVIII/ Kasuari Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, Rabu (8/2/2023).
Dalam sambutannya, Pangdam melalui Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ranggainaga mengucapkan selamat dan sukses kepada mantan prajurit siswa Dikmaba TNI AD TA. 2022 Kodam XVIII/Kasuari atas keberhasilan, sehingga dilantik menjadi prajurit TNI-AD dengan pangkat sersan dua.
“Ini adalah awal perjalan hidup dan karier pengabdian kalian sebagai prajurit TNI-AD, yang dapat dijadikan sebagai sumber motivasi dalam bertugas nantinya sebagai bintara yang handal dan profesional,” katanya.
Dikatakan bahwa keberhasilan dalam pendidikan hanya dapat diraih oleh prajurit yang memiliki disiplin, semangat tinggi dan mental baja, disertai fisik yang prima, sehingga mampu menjadi seorang prajurit.
“Hari ini kalian resmi dilantik menjadi seorang prajurit yang mempunyai kualifikasi sebagai bintara. Dengan itu, perubahan status ini bukan hanya pada pangkat saja, namun harus diikuti dengan perubahan pola pikir, sikap dan tindakan dalam kedinasan maupun di lingkungan masyarakat,” kata Kasdam.
Lanjut Kasdam mengatakan, pendidikan yang berlangsung singkat ini tentunya belum cukup untuk membekali menjadi bintara. Oleh karenanya, dibutuhkan pengembangan kreatifitas, inovasi serta semangat untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuan diri dengan budaya belajar dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang.
“Setelah mengikuti Dikmaba ini, selanjutnya para siswa Dikmaba akan mengikuti pendidikan lanjutan di masing-masing kejuruan,” ujar Kasdam, di dampingi Kapendam Kolonel Inf. Batara Alex Bulo’, M.Hub. Int.
Kasdam berharap kepada siswa Dikmaba, dengan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan militer yang diberikan selama dalam pendidikan di Rindam XVIII/ Kasuari dapat membekali mereka dalam menempuh pendidikan selanjutnya.
“Dengan itu, pesan saya hindari pelanggaran hukum dan disiplin. Selanjutnya, tetap jaga pola hidup sehat dan bersih serta pelihara kondisi fisik dan berolahraga untuk menunjang pendidikan kejuruan berikutnya,” pesan Kasdam.
“Tidak boleh sombong dan jangan bersifat arogan dengan siapapun yang dapat melukai dan mengurangi simpati rakyat kepada TNI,” sambungnya.
Kepada Danrindam dan seluruh pengajar dan pelatih Kasdam juga mengucapkan terima kasih atas keberhasilannya dalam penyelenggaraan pendidikan Dikmaba TNI AD TA 2022 di Rindam XVIII/ Kasuari.
“Tetap lakukan evaluasi penyelenggaraan pendidikan untuk menjadi bahan masukan dalam peningkatan kualitas pendidikan pada periode selanjutnya,” tuturnya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua MRPB Maxi Nelson Ahoren, Kolonel Inf Ade David Siregar (As OPS Kasdam XVIII /Kasuari), Kolonel Inf Andre Julian (Aspers Kasdam XVIII / kasuari), Kolonel Czi Cahyadi Amperawan ( As Log Kasdam  XVIII/Kasuari), Kolonel Inf Tamimi Hendra Kesuma, SH., M.A.P.,M.Han (Asterdam XVIII /Kasuari), Kolonel Inf Stevanus Satrio Aribowo (Asrendam XVIII/ kasuari), Kolonel Inf Idris (Pamen ahli Sistem pertahanan Kodam XVIII / kasuari), Kolonel Inf Fery Irawan ( Danrindam XVIII / kasuari ), Letkol Arm Adin Suroyo S. Sos ( Dandim 1808 /Mansel), Usman Saleh, SH (Kaban Kesbangpol mewakili Pemda Mansel), Perwakilan Polres Mansel AKP Heru Sundawa (Kabag Sunda Polres Mansel). (eap)

Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.