Kantor Bupati Manokwari Selatan Mulai Dibangun di Bukit Boako

0
184
Prosesi pembangunan kantor Bupati Manokwari Selatan di bukit Boako, Distrik Ransiki, Rabu (11/5/2022). (Foto: Andi/klikpapua)
MANSEL,KLIKPAPUA.com–Kantor Bupati Kabupaten Manokwari Selatan mulai dibangun di Bukit Boako,Distrik Ransiki. Pembangunan kantor bupati yang dimulai, Rabu (11/5/2022) ditandai dengan prosesi adat pemotongan kepala Babi.
Kepala Babi tersebut diserahkan oleh pemilik hak ulayat Yani Kawei kepada Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan untuk diletakkan dalam lubang yang sudah di siapkan.
Selanjutnya, dilanjutkan dengan prosesi penyatuhan tanah, batu dan air dari 6 distrik di Manokwari Selatan dari 57 kampung. Tanah, batu dan air tersebut di letakkan dan disatukan oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Bupati Mansel Markus Waran, Ketua DPRD diwakili anggota DPRD Essau Ahoren, Pemilik Hak Ulayat Yani Kawei, bersama Kepala Distrik Oransbari, Kadistrik Ransiki, Kadistrik Momiwaren, Kadistrik Neney, Tahota dan Kadistrik Dataran Isim, Dandim diwakili Kasdim Mayor Inf Wawan, Kapolres Mansel AKBP Tolopan T. Simanjuntak, mantan Sekda E. A. Pocceratu, mantan Kepala Inspektorat Mansel Christian Warisoi, Tokoh Pejuang Pemekaran Mansel Edi. Inyomusi.
Dalam sambutannya, Bupati Markus Waran melaporkan di depan Gubernur Dominggus Mandacan untuk pembangunan kantor Bupati Mansel Pemda menyiapkan anggaran Rp60 Miliar untuk pembangunan tahap pertama. “Sehingga, semua sektor pembangunan kita kurangi, termasuk perjalanan dinas,” akunya.
 Dikatakan, pembangunan kantor Bupati Manokwari Selatan hingga rampung diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp300 Miliar. Bupati berharap pembangunan kantor tersebut dapat rampung di tahun 2024 atau sebelum masa jabatannya berakhir sudah dapat diresmikan. (eap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.