Kampung Waroser-Oransbari Wakili Mansel untuk Kampung Iklim 2020

0
129
Tim Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan verifikasi terhadap Kampung Waroser, Distrik Oransbari, sebagai peserta Program Kampung Iklim 2020.
MANSEL,KLIKPAPUA.COM– Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan kembali menarik perhatian Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Program Kampung Iklim tahun 2020. Ini kali ketiga Kabupaten Manokwari Selatan memiliki perwakilan dalam lomba kampung iklim yang diselenggarakan oleh KLHK.
Kali ini giliran Kampung Waroser, Distrik Oransbari yang berhasil mempertahankan nama Kabupaten Manokwari Selatan dalam program kampung iklim, setelah dinyatakan lolos administrasi oleh tim verifikasi. Secara teknis tim verifikasi juga sudah melakukan pemantauan lapangan untuk mengecek kesesuaian dokumen dengan kondisi ril lapangan.
Dikonfirmasi usai mendampingi tim verifikasi Kamis (9/7/2020), Kepala Dinas Lingkungan Hidup Manokwari Selatan Mohammad Amir menyampaikan, bahwa untuk tahun 2020 ini pemerintah daerah melalui instansi yang dipimpin mengajukan tiga kampung untuk ikut serta dalam program kampung iklim, akan tetapi hanya satu kampung yang lolos administrasi.
Meski demikian, Amir mengaku optimis bahwa perwakilannya dalam Program Kampung Iklim 2020 ini akan mampu meraih tropi, sama halnya dengan dua kampung lain yang sudah terlebih dahulu mengikuti program ini.
Lebih lanjut dijelaskan, yang menjadi topik utama oleh Kampung Waroser dalam program iklim ini adalah kemampuan menjaga lingkungan dari abrasi air laut, sebagaimana pada program kampung iklim ini yakni mengedepankan kemampuan masyarakat kampung dalam proses mitigasi (kemampuan masyarakat untuk mengurangi resiko bencana dan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk menghadapi bencana) lingkungan serta penguatan pangan lokal.
Untuk diketahui, sampai saat ini sudah ada 5 kampung dari Manokwari Selatan yang ikut dalam program kampung iklim ini, diawali oleh Kampung Margorukun pada tahun 2018 lalu, disusul tiga kampung lainnya yakni Kampung Sindang Jaya, Sidomulio dan Kampung Margomulio pada 2019 lalu.
Keempat kampung dari Manokwari Selatan yang ikut dalam proglim ini mendapatkan predikat proglim utama, dua di antaranya bahkan mendapatkan trofi penghargaan. Atas keberhasilannya menerima trofi program iklim dua tahun berturut-turut, Kementrian Lingkungan Hidup tahun 2019 lalu juga memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah setempat.
Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri KLHK Siti Nurbaya dan diterima oleh Wakil Bupati Wempi Welly Rengkung. Penyerahan penghargaan ini berlangsung di Manggalawanabakti KLHK, bertepatan dengan kegiatan vestifal iklim tahun 2019.
Sebagai informasi bahwa, pihak kementrian disetiap pelaksanaan program iklim hanya mengeluarkan 34 trofi, dimana secara dua tahun berturut-turut Manokwari Selatan berhasil merebut satu trofi pada tahun 2018 oleh Kampung Margorukun dan 2019 oleh Kampung Sindang Jaya. “Harapan kami Kampung Waroser juga bisa mempertahankan gelar Manokwari Selatan di tahun 2020 ini,” harap Amir saat dikonfirmasi disela-sela pendampingan tim verifikasi proglim di Kampung Waroser.(eap/bm)

Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.