Gunakan Dana Kampung, Kampung Siwi Buka Akses Jalan dari Kampung Neney ke Kampung Siwi Gunung

0
138
Pembukaan akses jalan tersebut ditandai pemotongan pita oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Yesaya Tuhepary bersama Kepala Distrik Momiwaren Welfrid Waroi di Kampung Neney Distrik Neney, Senin (18/10/2021).
MANSEL,KLIKPAPUA.com— Masyarakat Kampung Siwi memberikan terobosan kepada sejumlah kampung, dengan mengalokasikan dana Kampung Siwi untuk pembukaan akses jalan menuju 3 kampung persiapan yaitu kampung persiapan Behanggau, kampung persiapan Saugumes, Kampung persiapan Siwisbeij yang berada di Siwi Gunung, Distrik Momowaren, Kabupaten Manokwari Selatan.
Pembukaan jalan tersebut dimulai dari Kampung Neney, Distrik Neney menuju Kampung Siwi Gunung dengan menggunakan alat berat (ekscavator).
Pembukaan akses jalan tersebut ditandai pemotongan pita oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Yesaya Tuhepary bersama Kepala Distrik Momiwaren Welfrid Waroi di Kampung Neney Distrik Neney, Senin (18/10/2021).
Usai ceremonial, sejumlah pemilik hak ulayat mengaku telah bersepakat tidak akan melakukan tuntutan terhadap pembukaan jalan di wilayah adat mereka. “Kami tidak akan menuntut,” terang sejumlah pemilik ulayat yang hadir di acara tersebut.
Dalam kesempatan itu, Kadistrik Momiwaren Welfrid Waroi menyampaikan kepada para pemilik hak ulayat agar apa yang sudah disampaikan agar dipegang, agar pembangunan jalan ini dapat berjalan lancar.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Manokwari Selatan, Yesaya Tuhepary memberikan apresiasi kepada masyarakat Kampung Siwi karena sudah memberikan terobosan kepada kampung-kampung lain.
Pjs. Sekretaris Kampung Siwi Derek L. Ainusi menjelaskan, bahwa pembukaan jalan dari Kampung Neney, Distrik Neney, menuju Kampung Siwi Gunung, Distrik Momiwaren di rencanakan sepanjang 10 km. “Untuk dana pembukaan jalan kami gunakan anggaran dana Kampung Siwi tahun anggaran 2021 sebesar Rp520 juta sesuai kesepakatan dalam Muskam. Dengan harapan pemda dapat melihat lebih jeli agar masyarakat Kampung Siwi dapat menikmati akses jalan tanpa melewati jalan setapak lagi,” tuturnya.
Untuk itu pihaknya berharap pemerintah daerah tidak hanya melihat saja, tetapi dapat mengambil kebijakan untuk mempercepat pembangunan jalan ini, agar dibangun tembus sampai di Distik Momiwaren.
Karena menurut dia, dengan dibukanya akses jalan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di Siwi Gunung, karena dapat memasarkan hasil bercocok tanam mereka, seperti daun bawang, kacang tanah, wortel, daun sop, keladi dan sumberdaya lainnya. “Karena kendala dalam memasarkan hasil kebun dari masyarakat selama bertahun-tahun adalah jalan, mereka mau memasarkan hasil kebun mereka akses jalan tidak mendukung dan selama ini kita hanya berjalan kaki dengan menggunakan jalan setapak,” ungkapnya.
Selain itu, dalam membangun rumah mereka harus memikul material yang jaraknya sangat jauh.  Bukan hanya itu saja, kendala lain adalah akses layanan pendidikan dan kesehatan, jika ada masyarakat ada yang sakit, harus dipikul melalui jalan setapak dan melewati hutan. “Sehingga kami sangat berharap pemerintah dapat melihat hal ini,” tutupnya. (eap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.