Gubernur Dominggus Lakukan Pencanangan Tanam Bibit Kakao Seluas 80 Ha di Ransiki

0
163
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan lakukan pencanangan tanam bibit Kakao di Kampung Abresso, Distrik Ransiki, Rabu (27/5/2020). (Foto: Salamisi)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Pemerintah Provinsi Papua Barat beserta Pemerintah Pusat kembali mendorong pengembangan tanaman kakao di wilayah Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan. Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan Papua Barat telah dicanangkan sebagai provinsi pembangunan berkelanjutan konservasi.
Papua Barat memiliki potensi sumber daya alam yang sangat luas untuk pembangunan sektor pertanian, termasuk perkembangan komoditas tanaman kakao. “Tanaman kakao merupakan salah satu komoditas andalan yang akan dikembangkan di dalam skema pembangunan ekonomi hijau dalam respon pengurangan emisi gas rumah kaca dan perubahan iklim dari komitmen pembangunan berkelanjutan di Papua Barat,” kata Gubernur, Rabu (278/5/2020) saat pencanangan tanam bibit Kakao di Kampung Abreso, Distrik Ransiki.
Gubernur mengatakan, tahun anggaran 2020 ini Pemerintah Provinsi Papua Barat mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,9  Miliar untuk kegiatan kakao seluas 100 hektar.  Serta dukungan alokasi APBN Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian sebesar Rp 3,169 Miliar lebih untuk kegiatan kakao seluas 100 hektar. “Namun dari 200 hektar itu ada pengurangan APBN 60 hektar, sisa 40 hektar dari provinsi juga sama begitu, sehingga hari ini ada 80 hektar yang bisa kita tanam kakao dan kita mulai pencanangan hari ini,” jelas Dominggus.
Gubernur meminta kepada dinas terkait atau lembaga lingkup pertanian secara berjenjang agar melakukan pelatihan bagi masyarakat atau petani, agar dapat mengadopsi teknologi sistem budidaya kakao penanganan panen dan pasca panen secara baik. “Dan untuk pimpinan  perangkat daerah diharapkan membantu pemerintah untuk memfasilitasi mulai dari proses budidaya hingga menghasilkan produksi biji kakao yang berkualitas premium, serta perlu didesain industri pengolahan yang menghasilkan olahan berbentuk bubuk dan lemak, “ harap Gubernur.
Sementara itu Bupati Manokwari Selatan Markus Waran atas nama pemerintah daerah, masyarakat, Koperasi Eiber Suth menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada gubernur dan pimpinan OPD terkait atas perhatiannya hari ini membantu  pencanangan penanaman  kakao pada Koperasi Eiber Suth di Ransiki. (aa/bm)

Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.