Empat Kabupaten Sepakat Dorong Percepatan Pembentukan DOB Provinsi Bomberay Raya

0
Pertemuan empat kabupaten untuk mempercepat terbentuknya Daerah Otonom Baru (DOB) Provinsi Bomberay Raya. (Foto: Ist)
MANSEL,KLIKPAPUA.com—Empat kabupaten di wilayah Bomberay Raya,meliputi Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana dan Fakfak melakukan pertemuan untuk mempercepat terbentuknya Daerah Otonom Baru (DOB) Provinsi Bomberay Raya.
Dalam pertemuan yang berlangsung di Kampung Margomulyo, Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kamis (12/1/2023) itu dihadiri oleh Bupati Teluk Bintuni selaku pihak yang mengundang, Bupati Teluk Wondama diwakili Asisten III, Wakil Bupati dan Sekda Kaimana, Bupati Fakfak diwakili Sekda.
Kepala Bappeda, Kabag Pemerintahan, Kabag Hukum dari empat kabupaten, termasuk tim percepatan pemekaran Provinsi Bomberay Raya. Turut hadir Anggota Fraksi Otsus DPR Papua Barat asal Kaimana.
“Juga hadir Prof.Dr.Basir Roh-roh mana dan tim dari Uncen. Dan beberapa pejabat dari 4 kabupaten,” ujar Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, Jumat (13/1/2023).
Bupati Kasihiw mengatakan, dalam pertemuan itu disepakati untuk mendorong percepatan pembentukan Provinsi Bomberay Raya. “Jadi salah satu agenda penting kami, menyiapkan dokumen kajian naskah akademik,” ungkapnya.
Hal ini telah menjadi komitmen bersama, untuk memperjuangkan ke Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Papua Barat. “Selanjutnya, dua minggu kedepan akan dilakukan pertemuan kembali 26 Januari di Kabupaten Teluk Wondama. Menyusul pertemuan di Kabupaten Kaimana dan terakhir di Kabupaten Fakfak,” jelas Kasihiw.
Dan seluruh dokumen akan dirampungkan dan menjadi dokumen penting untuk mendorong percepatan pembentukan DOB tersebut. “Hasil setiap pertemuan akan kami sosialisasikan ke empat kabupaten tersebut,” ujar Kasihiw. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.