Buka Musrenbang RKPD, Bupati Mansel Sampaikan Arah Kebijakan Pembangunan 2023

0
439
Bupati Manokwari Selatan Markus Waran menyampaikan sambutan pada Musrenbang tahun 2022 dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Mansel tahun 2023 di aula sekretariat daerah, Senin (11/4/2022). (Foto: Andi/klikpapua)
RANSIKI,KLIKPAPUA.com— Bupati Manokwari Selatan Markus Waran membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2022 dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Mansel tahun 2023 yang berlangsung di aula pertemuan Setda Mansel, Senin (11/4/2022). Musrenbang RKPD Tahun 2023 mengambil tema “Pemenuhan Pelayanan Dasar dan Produk Unggul Daerah”.
Dalam sambutannya, Bupati Markus Waran menuturkan, tahapan penyusunan RKPD tahun 2023  diawali dengan penyelenggaraan Musrenbang Kampung dan diakhiri dengan Musrenbang Kabupaten untuk menyempurnakan rancangan awal RKPD agar bisa mengintervensi permasalahan yang ada di Kabupaten Manokwari Selatan.
Musrenbang tingkat kabupaten ini dilaksanakan dalam rangka menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah serta menyepakati program kegiatan dan pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi.
Sehingga dapat dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan. Yakni, pertama untuk meningkatnya tuntutan masyarakat terkait pemenuhan pelayanan kebutuhan dasar.
Kedua, belum optimalnya implementasi penyelenggaraan pemerintahan berbasis sistem elektronik. Ketiga, IPM Kabupaten Mansel pada tahun 2021 masih berada pada angka 59.85 persen, berada dibawah rata-rata di kabupaten/kota di Provinsi Papua barat dengan angka 65.26 persen.
Sementara tingkat pertumbuhan ekonomi yang masih rendah sebagai dampak dari wabah Covid-19 yakni 1.45 persen pada tahun 2021. Dengan kondisi tersebut, lanjut Bupati Waran, perencanaan pembangunan tahun 2023 perlu dilakukan sinkronisasi terkait dengan penganggaran.
Sinkronisasi dapat dilakukan dengan penajaman prioritas daerah untuk mewujudkan visi dan misi RPJMD, memastikan pelaksanaan  program dan kegiatan berorientasi pada hasil, menajamkan integrasi sumber pendanaan melalui APBD kabupaten, bantuan keuangan provinsi, anggaran dari pemerintah pusat dan provinsi serta memaksimalkan dan menggali sumber-sumber pendapatan yang dapat dijadikan sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Adapun fokus pembangunan pada tahun 2023 ini, menurutnya, lebih diarahkan pada pembangunan infrastruktur perkantoran bupati  dan DPRD Kabupaten Manokwari Selatan serta infrastruktur dasar lainnya dan pemulihan ekonomi. Pembangunan SDM serta peningkatan akses pelayanan kesehatan, pendidikan dan peningkatan pelayanan publik.
Oleh karena itu,  Bupati mengajak seluruh lembaga dan komponen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan, Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati yang sudah dituangkan dalam RJMD Kabupaten Mansel tahun 2021-2026.
Yakni, “Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Mansel yang aman, damai mandiri, religius dan sejahtera. “Hal ini dapat kita laksanakan, melalui perwujudan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal, daerah yang berdaya saing dan pelayanan publik secara profesional berbasis teknologi informasi serta penyelenggara tata pemerintahan yang baik,” ujar Bupati Waran.
Terpisah, Kepala Bappeda Mansel melalui Ketua panitia penyelenggara,  Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Bappeda Mansel Yerri Pulungan, menyampaikan, Sumber Dana Musrenbang RKPD Kabupaten mansel tahun 2023 bersumber dari anggaran APBD Mansel tahun anggaran 2022 melalui DPA Bappeda Litbang.
“Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang sudah berpatisipasi untuk mengambil bagian sehingga acara Musrenbang ini dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2023 ini bisa berjalan dengan baik,” tutupnya. (eap)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.