Yosmar Lawan Kotak Kosong di Pegaf, Besok Penetapan Resminya

0
88
Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPUD Pegaf, Yosak Saroy. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pegunungan Arfak akan melaksanakan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Rabu (23/9/2020) besok.
Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPUD Pegaf, Yosak Saroy, mengatakan, tahapan pendaftaran dan perpanjangan waktu yang telah diberikan kepada bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pegaf, hingga tanggal yang ditentukan, tidak ada pasangan lain yang datang untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta pilkada.
“Tahapan sudah dilakukan, namun karena tidak ada pasangan lain yang melakukan pendaftaran maka bisa dipastikan Yosias Saroy-Marinus Mandacan (Yosmar) akan melawan kota kosong pada 9  Desember nanti,” ujar Yosak saat ditemui, Selasa (22/9/2020).
Menurut Yosak, dari hasil pemeriksaan kesehatan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Yosias Saroy-Marinus Mandacan, hasil dinyatakan sehat oleh tim medis,  sehingga  dipastikan untuk melangkah ke tahap berikut yaitu penetapan dan penarikan nomor urut. “Besok akan dilakukan penetapan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati  dan  untuk pengambilan nomor urut akan dilaksanakan pada 24 September, semua akan berlangsung di kantor KPU Pegaf,” ungkap Yosak.
 Terkait Daftar Pemilih Sementara (DPS)  di Kabupaten Pegunungan Arfak, Yosak mengaku juga telah ditetapkan sebanyak 33.374 pemilih, dengan rincian DPS laki-laki: 17.197  dan DPS perempuan 16.177. Untuk jumlah DPS tidak ada perubahan dengan pemilu sebelumnya yang tersebar di 166 TPS dari jumlah 10 distrik, ” ungkapnya.
Sementara Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya saat dihubungi via telepon mengatakan, asistensi KPU di 9 kabupaten yang melaksanakan Pilkada tahun 2020 terus ditingkatkan, terutama dalam kepatuhan saat pandemi Covid-19 dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan.
“Menjelang pilkada yang kami antisipasi adalah munculnya claster baru saat ditahapan pilkada nantinya, namun adanya keputusan pusat bahwa pelaksanaan pilkada tetap dilaksanakan pada 9 Desember, kita akan meningkatkan kedisiplinan dan perketat protokol kesehatan, ” pungkasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.