Y20 Kolaborasikan Berbagai Pemikiran Inovatif dan Kreatif Pemuda bagi Pembangunan Indonesia

0
26

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Wakili PJ Gubernur Papua Barat, Sekda Nataniel D Mandacan membuka Youth 20 (Y20) Papua Barat Sabtu (18/6/2022) malam di Manokwari.

Event internasional Youth20 itu dihadiri Wakil Bupati Manokwari Selatan Wempi Rengkung, Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat George Dedaida, Ketua KNPI Papua Barat, Ketua KNPI Kabupaten Manokwari.

Hadir juga Billy mambrasar, Staf Khusus Presiden, Arezo Kazimi (Refugee dari Afganistan), Michael Victor Sianipar (Co-chair Y20), Marcel Satria (Delegasi Y20 Indonesia 2022 untuk Isu Transformasi Digital), Nurul Hidayatul Ummah (Co-chair Y20) serta sejumlah delegasi youth perwakilan negara-negara di dunia.

Opening ceremoni Side Event Y20 tersebut diawali dengan pemutaran Vidio Potensi daerah Papua Barat baik kekayaan sumber daya alam maupun adat budaya daerah.

Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Papua Barat, Nataniel Mandacan- mengatakan, pelaksanaan Side Event Youth20 merupakan peristiwa monumental bagi pemerintah dan masyarakat Papua Barat karena event ini menghimpun berbagai elemen pemuda baik dari tingkat lokal Papua barat, nasional, maupun global.

“Ini ajang pertemuan yang mengolaborasikan berbagai pemikiran inovatif dan kreatif di kalangan pemuda bagi kemajuan pembangunan Indonesia tetapi juga berkontribusi bagi kemajuan dunia dan kemaslahatan umat manusia,” katanya.

“Pemuda adalah pemimpin masa depan. Atas nama pemerintah dan masyarakat saya menyampaikan terima kasih atas kehadiran para pemuda dari berbagai negara di dunia ke Manokwari Papua Barat. Pemuda adalah masa depan bangsa dan dunia bahkan ukuran kemajuan suatu bangsa terletak di pundak pemuda yang cerdas unggul kreatif inovatif dan visioner,” sambungnya.

Tentu selaku pemerintah,Pj Gubernur berharap, momen ini akan memberikan dampak besar bagi kemajuan pemuda di Papua barat untuk bangkit dan menata diri, menjadi pemuda yang unggul secara nasional bahkan global.

“Saya juga sangat berharap melalui Youth20 akan melahirkan rekomendasi dalam hal keberagaman dan inklusi yang merupakan tema pelaksanaan pre-summit ke-4 di kota Manokwari bahwa kita beranekaragam dalam etnik agama dan budaya tetapi secara inklusi adalah bertoleransi dan saling menghargai,” urainya.

Semoga dengan berada di Manokwari  lanjut Pj Gubernur, para pemuda bisa melihat langsung serta memperoleh banyak inspirasi untuk melahirkan ide serta pemikiran yang juga inklusif bagi kemajuan bangsa dan dunia lebih khusus di negaranya masing-masing.

“Saya mengucapkan selamat datang di Manokwari dan selamat melaksanakan side event youth20 dan selamat menikmati keindahan alam kota manokwari Papua barat,” ucapnya.

Dengan harapan side event dapat berjalan lancar dan sukses, yang tentunya harus didukung oleh semua pihak sebagai bentuk apresiasi dan rasa bangga pemuda Papua Barat.

Diakhir sambutannya Pj Gubernur juga mengingatkan para kaum muda agar menjauhkan diri dari narkoba dan hal negatif yang akan merusak masa depan pemuda itu sendiri, baik Papua barat maupun Indonesia dan tamu negara di dunia.

“Mari bentuk dan siapkan diri sebagai calon pemimpin bagi masa depan bangsa dan dunia. Jadilah pemuda yang berkualitas penuh integritas dan visioner bagi diri sendiri juga bangsa dan dunia,” ajak PJ.Gubernur.(red)

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.