Wamendagri John Wempi Ungkap Peran MRPB Seleksi DPR Jalur Pengangkatan

0
Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo di Manokwari, Sabtu (23/3/2024)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com- Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, mengungkap peran penting MRPB dalam proses seleksi anggota DPR Papua Barat jalur pengangkatan.

Wetipo menyoroti tantangan besar yang akan dihadapi setelah suksesnya pelaksanaan pemilu, yaitu seleksi anggota DPR di tingkat kabupaten maupun provinsi Papua Barat.

“Salah satu tugas kita ke depan adalah bagaimana kita juga ikut menyeleksi DPR pengangkatan baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi Papua Barat,” ujar Wetipo.

Menurutnya, Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) memiliki peran penting dalam memberikan pertimbangan terkait penetapan daerah pengangkatan dan alokasi kursi per daerah pengangkatan untuk DPR Papua Barat.

 “MRPB harus memberikan pertimbangan paling lama 30 hari sejak menerima permintaan dari Gubernur,” jelas Wetipo.

Wamendagri mengutarakan, dalam minggu depan akan dikeluarkan peraturan menteri dalam negeri untuk seleksi DPR Provinsi, dan untuk kabupaten, akan menggunakan peraturan gubernur.

Selain itu, Wetipo juga mengulas rencana majunya jadwal pelaksanaan pilkada serentak tahap kedua. “Kami sedang mendorong untuk memajukan pilkada dari tanggal 27 November 2024 menjadi 27 September 2024,” ungkapnya.

Dia menekankan pentingnya dukungan dari semua pihak dalam mengawal proses pilkada tahap dua agar berjalan dengan aman dan sukses. “Kita harapkan pemilihan Bupati, wakil, gubernur, dan wakil bisa berjalan lancar agar kota ini bisa aman dan damai,” tutup Wetipo. (aa)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.