Sekolah GenIUS Luluskan 31 Putra/I Asli Asal Papua dan Papua Barat 

0
73
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Sekolah GenIUSa meluluskan 31 putra -putri asli asal Papua dan Papua Barat. Sekolah GenIUS menggelar wisuda ke-VI terhadap 51 siswanya yang merupakan anak anak dari wilayah Indonesia Timur (Maluku-Papua), 31 di antaranya Putra-Putri Asli Papua dan Papua Barat.
“Saya bangga terhadap anak-anak di wilayah Indonesia Timur yang berhasil mendapatkan pendidikan formal di sekolah tersebut,  bahkan dengan kemampuan setiap siswa yang dijamin di atas rata rata,” ujar Mentri Dalam Negeri,  M. Tito Karnavian
Pencapaian ini, menurutnya, adalah prestasi.  Apa yang dilakukan sekolah GenIUS sesuai dengan keinginan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yakni kesempatan dan kualitas pendidikan dapat dirasakan oleh seluruh anak Indonesia. Khususnya bagi anak yang berasal dari daerah 3 T (Terpencil, Terdepan, Tertinggal).
Sementara,  Kepala Sekolah GenIUS, Esther K. Wirawan, M.Psi mengatakan, proses wisuda itu merupakan  bentuk pertanggung-jawaban pihak sekolah kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat di wilayah Indonesia Timur, yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk mengenyam pendidikan di Sekolah GenIUS.
Untuk Provinsi Papua,  terdapat 16 siswa yang diwisuda dengan asal daerah Kabupaten Pegunungan Bintang, dan 3 siswa asal Kepulauan Yapen. Sedangkan untuk Provinsi Papua Barat,  6 Siswa berasal dari Kabupaten Teluk Wondama dan 6 siswa berasal dari Kabupaten Maybrat. “Kita tidak  hanya berperan dalam mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga mengembangkannya melalui proses refleksi secara kritis,” ungkapnya melalui rilis yang diterima klikpapua.com, Rabu (30/6/2021).
Sehingga, pengembangan kompetensi siswa siswi kedepannya, kata dia,  tidak hanya terfokus pada pemahaman konsep keilmuan, namun juga bersikap kritis terhadap berbagai informasi pengetahuan yang diperoleh, serta tidak mengabaikan pengembangan sikap dan keterampilan sebagai agen perubah dalam menghadapi tantangan masa depan, berperan dalam perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik.
“Jadi,  para siswa ini tidak sekedar lulus. Kita jamin, mereka memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata karena mereka juga dibekali dengan berbagai aktivitas riset untuk pengembangan potensi diri,” terangnya, lalu mengatakan, 9 dari 51 siswa yang lulus tahun ini sudah diterima di Universitas Luar Negeri. “Ini bukti bahwa totalitas yang diberikan Sekolah GenIUS kepada anak didiknya adalah yang terbaik,” pungkasnya. (rls/aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.