Rakerkesda ke X Dinkes Papua Barat Rumuskan Transformasi Kesehatan

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) ke X tahun 2023 pada, Selasa (28/3/2023) di Aston Niu Hotel Manokwari.

Rakerkesda ini dalam rangka mewujudkan Harmoni Transformasi Kesehatan Pusat, Provinsi dan Kabupaten dan dibuka langsung oleh Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw bersama Mohammad Taufiq, Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Otto Parorongan, Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat pelaksanaan Rakerkesda ini dimaksudkan untuk merumuskan rencana aksi program tahun 2023 yang berfokus pada enam pilar transformasi kesehatan.

“Enam pilar transformasi kesehatan diantaranya, transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan dan transformasi SDM kesehatan dan teknologi kesehatan,” ujarnya.

Mohammad Taufiq, Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI mrngatakan, Tranformasi sistem kesehatan tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2020-2024.

Taufiq berharap, terselenggaranya Rakerkesda Dinkes Papua Barat ini dapat menyusun rencana program yang berbasis kearifan lokal.

Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw dalam sambutannya mengatakan, untuk mewujudkan transformasi kesehatan harus punya tekat, niat untuk menuju Harmoni.

Terjangkaunya akses pelayanan kesehatan yang merata kepada masyarakat. Dan diharapkan, Rakerkesda dapat menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi produktif dan operasional untuk percepatan pelaksanaan transformasi sistem kesehatan di daerah ini. (dra)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.