Raih Opini WTP, 5 Kepala Daerah di Papua Barat Apresiasi BPK-RI

0
196
Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw mewakili seluruh Bupati dan Walikota menyampaikan sambutan di aula BPK-RI, Senin (31/5/2021). (Foto: Aufrida//klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Bupati dan Walikota  se Provinsi Papua Barat memberikan  apresiasi kepada BPK-RI perwakilan Papua Barat yang telah melaksanakan amanat undang-undang.
Bupati Kabupaten Teluk Bintuni Petrus Kasihiw yang mewakili seluruh Bupati dan Walikota mengatakan, penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) sesuai amanat  undang-undang, pemeriksaan dilakukan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat melalui pemeriksaan intern dan pemeriksaan substansi guna memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2020.
Dengan memperhatikan kesesuaian Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), kecukupan pengungkapan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern. “Apresiasi yang kami berikan atas segala masukkan dan koreksi dalam langkah-langkah perbaikan selama proses pemeriksaan,” turut Bupati di aula BPK-RI, Senin (31/5/2021).
Kata Kasihiw, opini yang diperoleh ini bukanlah prestasi, tapi adalah kewajiban, sebagaimana diketahui laporan keuangan pemerintah daerah merupakan laporan hasil kinerja yang telah dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota selama tahun anggaran 2020, sekaligus juga sebagai bentuk pertanggung jawaban pemerintah daerah terhadap pelaksanaan anggaran pendapatan belanja pemerintah kabupaten/kota tahun anggaran 2020.
“Oleh sebab itu hasil audit BPK yang diterima hari ini merupakan petunjuk bagi seluruh kabupaten/ kota di Papua Barat untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah, yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah ah di kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat,” ungkapnya.
Di sisi lain, kata Kasihiw, laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah ini sangat berpengaruh terhadap penilaian masyarakat sebagai pengguna utama hasil audit BPK, dikarenakan hasil audit BPK ini menjamin asas keterbukaan informasi publik, di mana masyarakat dapat mengetahui capaian pelaksanaan mandat pemerintah serta menjadi alat untuk menilai kinerja keuangan pemerintah daerah.
“Sebab itu penilaian dan pelaporan hasil pemeriksaan BPK merupakan suatu hal yang penting bagi pemerintah daerah sebagai sebuah pertanggung jawaban kinerja, terutama kepada masyarakat. Sangat disadari dimana dalam pelaksanaan audit yang dilaksnakan BPK perwakilan Papua Barat atas LKPD seluruh kabupaten/kota se Provinsi Papua Barat di sana sini masih terdapat kelemahan dan kekurangan dalam menyusun laporan keuangan pemerintah daerah, sehingga masih terdapat temuan-temuan yang harus kami tindaklanjuti demi perbaikan ke depan,” katanya.
Ditambahkan, didalam  menindaklanjuti temuan-temuan tersebut telah disusun rencana aksi (action plan) yang implementasiannya harus diakui bahwa kondisi pengelolaan keuangan pemerintah daerah belum sempurna,  sehingga terus diharapkan pendampingan, bimbingan dan arahan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), agar kedepannya kualitas atas pengelolaan keuangan pemerintah daerah menjadi lebih akuntabel memperoleh opini yang lebih baik dan tindak lanjut hasil audit dapat terselesaikan tepat waktu.
Diakhir sambutan, Kasihiw mewakili kepala daerah di Papua Barat mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPK perwakilan Papua Barat beserta jajaran yang telah memberikan kepercayaan dengan memberikan opini wajar tanpa pengecualian kepada beberapa kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat atas audit laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2020.  “Semoga ini dapat menjadi pemacu semangat untuk seluruh kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat agar dapat menyelenggarakan pengelolaan keuangan daerah dengan lebih transparan dan akuntabel lagi di masa yang akan datang.
Terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama dan sinergitas yang telah terbina dengan baik selama ini kami harapkan kerjasama seperti ini dapat ditingkatkan di masa mendatang,” pungkasnya. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.