Program TALI AMAN Satlantas Polres Manokwari Permudah Masyarakat

0
24
Program TALI AMAN Satlantas Polres Manokwari Permudah Masyarakat

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Guna membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan membangun kedekatan antara personil Satlantas Polres Manokwari dengan masyarakat, Satlantas Polres Manokwari bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia Cabang Manokwari melalui program TALI AMAN (Teguran Simpatik Peduli Keselamatan).

Kerja sama Tali Aman ini sudah berlangsung sejak Senin, 15 November 2021. Kerja sama Tali Aman ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat.

Kasat Lantas Polres Manokwari, Iptu  Subhan Ohaimas mengatakan program Tali Aman ini adalah Inovasi Satlantas Polres Manokwari untuk mengantar surat teguran simpatik kepada masyarakat yang bersangkutan saat terjaring razia.

“Tidak ada biaya pengantaran yang dibebankan kepada masyarakat,”ujar Iptu  Subhan.

Subhan menyampaikan adapun mekanisme program Tali Aman sebagai berikut :

Pertama, pelanggar lalu lintas yang pada saat terjaring operasi zebra tidak mempunyai banyak waktu untuk menunggu blangko teguran dikarenakan kondisi ataupun keperluan mendesak akan dipersilahkan untuk meninggalkan data sesuai identitas yang tertera pada KTP dan Nomor HP.

Kedua, petugas unit tilang akan menerbitkan blangko  teguran sesuai Identitas pelanggar, jenis pelanggaran, waktu, dan  jalan tempat  pelanggaran lalu lintas

Ketiga, setelah blangko teguran sudah siap maka petugas unit tilang akan menghubungi pihak PT Pos Indonesia Cabang Manokwari dalam hal ini kurir sesuai nomor HP yang di sepakati dalam  kerja sama.

Keempat, blangko teguran akan di ambil setiap hari pada pukul 11.00 WIT di ruangan unit tilang Satlantas Polres  Manokwari.

Kelima, juru antar PT Pos akan megirimkan blangko  teguran ke pelanggar setiap harinya dan dokumen penerima  sesuai alamat akan di kirimkan ke unit tilang sebagai bahan laporan.

Ke-enam, pengiriman dalam program TALI AMAN  free atau dengan kata lain menjadi tanggung  jawab Satlantas  Manokwari.

” Setiap pelanggaran akan  dinilai oleh petugas lalu  lintas di lapangan yang masih bisa di toleransi berdasarkan kesesuaian pelanggaran serta situasi kondisi pelanggar lalu lintas,” ujarnya.

“Bertambahnya kepercayaan masyarakat dalam hal peningkatan disiplin berlalu lintas di jalan dan membuat jarak antara Polantas Polres  Manokwari semakin dekat  dengan masyarakat, merupakan hasil yang bagus  dari program Tali Aman ini,” tandas Iptu Subhan.(ars)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.