Pj Waterpauw Buka Muswil IV DPW LDII Papua Barat, Fokus Bangun SDM Religius

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Papua Barat menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) IV, Selasa (26/9/2023) di Gedung MUI Papua Barat.

Muswil IV ini mengusung tema “Membangun Papua Barat yang Cerdas, Sehat dan Harmoni Melalui Kualitas Sumber Daya Manusia Religius”, dibuka langsung oleh Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw.

Hadir dalam Muswil IV, ketua umum DPP LDII Chriswanto Santoso bersama Wasekjen DPP LDII Rio Sidauruk, Korwil DPP LDII Teddy Suratmadji dan Dep. OKK, Tri Gunawan Hadi.

Ketua DPW LDII Papua Barat, Suroto melaporkan, peserta Muswil IV diikuti empat kabupaten di Papua Barat yakni Kabupaten Manokwari, Bintuni, Fakfak dan kabupaten Kaimana.

Dikatakan Suroto, kehadiran LDII di Papua Barat telah berkontribusi bagi pembangunan dan pembinaan masyarakat di daerah ini dengan menerapkan 8 klaster program unggulan DPP LDII.

“Bidang kebangsaan, bidang pendidikan, keagamaan, ekonomi, pangan, kesehatan, teknologi digital dan bidang energi baru terbarukan yang bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat dan organisasi kemasyarakatan lainnya,” kata Suroto.

Ketum DPP LDII, Criswanto Santoso mengatakan, Musyawarah Wilayah ini sangat menentukan kepemimpinan dan program kerja LDII lima tahun kedepan dalam penerapan 8 Kelaster Pembangunan untuk Bangsa di Kasuari.

Delapan klaster pembangunan itu adalah bidang wawasan kebangsaan, keagamaan, pendidikan, ekonomi syariah, kesehatan dan herbal, ketahanan pangan dan lingkungan hidup, energi terbarukan, dan teknologi digital.

Chriswanto juga menekankan pentingnya sinergi dan Kolaborasi 8 program unggulan LDII dengan pemerintah provinsi yang akhirnya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Progam yang bermanfaat bagi masyarakat, karya sekecil apapun agar dikomunikasikan dengan stakeholder pemerintah setempat, Insya Allah itu akan memberikan manfaat untuk masyarakat,” tuturnya.

Dia berpesan dalam menghadapi Pemilu 2024 nanti, LDII bersikap netral tapi menyerukan kepada seluruh warga LDII untuk aktif berpartisipasi dalam rangka mensukseskan pemilu dan menggunakan hak pilihnya.

“kami mohon kepada seluruh stakeholder di Papua bisa dimanfaatkan wadah kami untuk kepentingan menjaga pemilu ini tetap damai,” tuturnya.

Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw dalam sambutannya mengapresiasi delapan program LDII itu, serta pemerintah siap mendukung merealisasikan program unggulan LDII.

Dikatakan, Pemerintah Provinsi saat ini tengah giat membuka lahan, mendorong masyarakat untuk menanam tanaman dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi iklim ekstrim.

Selain itu, Papua Barat juga sedang menghadapi kemiskinan ekstrim dan stunting. “mudah-mudahan nanti apa yang kami inginkan seragam dengan sumber daya yang dimiliki oleh LDII baik dibindang Pertanian, Peternakan, digitalisasi dan lainnya,” kata Pj Gubernur Waterpauw. (dra)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.