Permudah Warga Urus Adminduk, Pemkab Manokwari Hadirkan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

0
Rustam Efendi saat menjelaskan mesin ADM (Foto: Elyas/klikpapua)

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Guna mempermudah pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Peluncuran mesin yang dapat mencetak dokumen kependudukan berupa e-KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga, Akta kelahiran maupun Akta Kematian secara mandiri, bertepatan dengan peluncuran bulan bakti gotong royong dalam rangka HUT kota Manokwari yang ke 124 tahun pada, Jumat (14/10/2022) di lapangan Borarsi.

Mesin ADM ini, memiliki bentuk dan cara penggunaanya terbilang praktis, mirip mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik perusahaan perbankan.

Kepala Disdukcapil Manokwari Rustam Efendy menjelaskan, hadirnya mesin ADM di Manokwari ini merupakan inovasi pertama di Papua Barat.

Mesin ini, nantinya akan ditempatkan di lokasi starategis tempat pelayanan umum yakni disalah satu swalayan di Manokwari. Dan menempatkan petugas disekitar mesin ADM guna membantu dan mengedukasi masyarakat pemohon.

“Untuk dapat menggunakan mesin ADM ini harus warga kota Manokwari, langkah berikutnya mengirimkan email ke Dukcapil kemudian untuk dilanjutkan ke Pusat, kemudian muncul pin dan barkod. Dengan barkod itu masyarakat menuju ke mesin ADM, dan mencetak sesuai dokumen yang diinginkan,” kata Rustam. (dra)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.