Pemprov PB Apresiasi Pengukuhan Sera Titibi Waropen Papua Barat

0
487
Acara pengukuhan Sera Titibi Waropen Papua Barat di aula Unipa. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat  mengapresiasi kehadiran Ikatan Keluarga Besar Waropen di Provinsi Papua Barat. Organisasi tersebut telah terbentuk melalui pelaksanaan pengukuhan Sera Titibi Keluarga Besar Waropen Provinsi Papua Barat yang dilaksanakan, Senin (7/2/2022).
“Dengan prosesi adat pengukuhan Sera Titibi Waropen Papua Barat yang baru saja kita saksikan,pelaksanaannya merupakan agenda penting di dalam upaya komunikasi dan konsulidasi pemerintah dengan organisasi sosial kemasyarakatan sebagai mitra startegis pembangunan daerah,” kata Sekda Papua Barat Nataniel Mandacan saat membacakan sambutan Gubernur pada acara pengukuhan Sera Titibi  Waropen Papua Barat di aula Unipa.
Menurut Gubernur, sebagai salah satu pilah pembangunan daerah Ia mengajak seluruh keluarga besar Waropen di Papua Barat untuk terus meningkatkan dan melakukan berbagai kegiatan penguatan kapasitas diri dan kelompok, baik itu  dalam langkah eksistensi suku besar Waropen dalam proses pembangunan di Provinsi Papua Barat.
“Pemerintah sangat berharap peran serta aktif rukun keluarga  besar Waropen dalam proses pembangunan daerah, guna mewujudkan kesejahteraan  masyarakat baik untuk kita semua. Pengurus yang baru dilantik atau dikukuhkan dapat menjadi mitra strategis yang positif bagi pemerintah provinsi papua barat,” ungkapnya.
Lebih lanjut Sekda mengatakan, organisasi sosial kemasyarakatan merupakan wujud sosial  multi dan simbol guna membangun kesatuan dan persatuan  keluarga besar, untuk itu harus berfungsi sebagai wadah penyalur kegiatan dan kepentingan masyarakat yang menjadi sarana penyambung aspirasi dan sarana komunikasi sosial.
“Semua itu bertimbal balik antar anggota atau antar organisasi kemasyarakatan dengan organisasi sosial  dengan pemerintah daerah untuk menjadi wadah pembinaan , perimbangan, komunitas masyarakat dan tempat penetapan kepemimpinanan serta meningkatkan ketrampilan yang dapat dikondisikan dalam pembangunanan daerah, dan juga sebagai wadah peran serta masyarakat dalam mensukseskan pembangunanan daerah,” tandasnya.
Menurutnya, ada banyak organisasi, kelompok, komunitas masyarakat yang mulai bergerak  berkumpul bersatu dan  bergandengan tangan dengan kesadaran  guna berpartisipasi dalam pembangunanan disegala bidang, demi kemajuan daereah, dan akan terus menjalin komunikasi dan melakukan silahturahmi dengan seluruh paguyuban, keluarga dan organisasi sosial kemasyarakatan lainnya yang ada di Provinsi Papua Barat.
“Sehingga keaharmonisan hubungan baik yang selama ini bisa  terus terpelihara, tumbuh dan berkembang dengan baik sebagai mana peribahasa dimana bumi di pijak disitu langit dijunjung, dengan semangat kekeluarga dan dimanapun kita berada harus saling menghormati antara sesama suku dan rumpun keluarga, maka dengan demikian kita semua akan terhindar dari benturan-benturan antara satu suku dengan suku lainnya,” pungkasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.