Frederik Saidui Dikukuhkan Sebagai Sera Titibi Waropen Papua Barat

0
106
Frederik D.J Saidui terpilih dan dikukuhkan sebagai Sera Titibi Sufado Waropen Papua Barat. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Frederik D.J Saidui terpilih dan dikukuhkan sebagai  Sera Titibi Sufado Waropen Papua Barat dan diikuti pengukuhan Sera-sera yang berada di Manokwari Raya,  dan Sorong Raya dan sera wilayah di aula Unipa Papua Barat, Senin ( 7/2/2022).
Pantauan klikpapua.com yang mana pengukuhan Sera Titibi Papua Barat dan Sera-sera dihadiri Sekda Provinsi Papua Barat, Wakil Bupati Kabupaten Waropen, Asisten I Provinsi Papua Barat, Asisten III Sekda Manokwari, Ny  Juliana Mandacan, Anggota MRPB, Forkopimda Papua Barat, serta tamu undangan.
Frederik D.J Saidui  selaku  Sera Titibi Papua Barat yang baru dikukuhkan mengatakan, bangga atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat Waropen di Provinsi Papua Barat untuknya sebagai Sera Titibi, atau sebagai kepala suku besar Waropen di wilayah Papua Barat.
“Dengan kepercayaan ini kami sudah bertekat bulat bahwa kedepan kami tetap dayung perahu Waropen ini untuk menjaga kenyamanan, ketentraman, dan kedamaian warga Waropen yang berada di wilayah Papua Barat,” ujarnya.
Selain itu, dirinya juga akan berusaha untuk bisa bergandeng tangan dengan suku-suku lain, termasuk suku-suku Nusantara yang ada di Provinsi Papua Barat untuk sama-sama membangun Papua Barat kedepan.
Sementara Ketua Dewan Adat Waropen, Frans Bisi Wonatorei mengatakan, hari ini adalah kesadaran kebangkitan dari kerukunan Waropen untuk memelihara dan menjaga serta melestarikan adat budaya yang merupakan kekayaan yang diwariskan dari leluhur Waropen agar tetap dipertahankan. Dan pelantikan hari ini sebagai motivator untuk seluruh warga Waropen bersatu.
“Kami juga punya pergumulan di dewan adat Waropen yang mana warga Waropen harus tahu literatur, sebab menyadari panggilan ini karena tanggung jawab ini berat dan kita menyadari bahwa kita merupakan  generasi milenium yang menentukan generasi berikutnya, kalau tidak ada literatur, maka itupun juga akan mengalami kepincangan,” tandasnya
Sementara Wakil Bupati Waropen, Lamek Maniagasi menyampaikan, kehadiran kerukunan Waropen dapat memberikan energi positif bagi kemajuan bersama dalam aspek kehidupan  dan kontribusi positif bagi kemajuan pembangunan di Provinsi Papua Barat.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.