Pemkab Manokwari Serahkan Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Pekerja Rentan

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan di Manokwari, Kamis (20/10/2022).

Penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan ini, dalam rangkaian bulan bakti gotong royong menyambut HUT kota Manokwari ke 124 tahun pada 8 November mendatang.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo kepada pekerja rentan di Sasana Karya kantor bupati Manokwari.

Turut hadir kepala BPJS Ketenagakerjaan Papua Barat Nasrullah Umar, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Manokwari Chandra Frans Sitanggang dan pimpinan Forkopimda Manokwari.

Kepala dinas ketenagakerjaan dan transmigrasi (Disnakertrans) kabupaten Manokwari Yusak Dowansiba melaporkan kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara Pemkab Manokwari melalui Disnakertrans Manokwari bersama BPJS Ketenagakerjaan Manokwari.

Yusak menyebut, atas kerjasama ini, pekerja rentan di Manokwari telah mendapatkan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan hari tua sebanyak 9.455 orang.

“Jumlah pekerja rentan ini tersebar di sembilan distrik di Manokwari,” kata Yusak.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Papua Barat Nasrullah Umar mengapresiasi pemkab Manokwari yang menaruh perhatian kepada masyarakatnya.

Nasrullah menyebut, tidak semua kepala daerah di Papua Barat menaruh perhatian kepada masyarakatnya, untuk itu dia mengapresiasi bupati Manokwari yang telah menjamin tenaga kerja dengan mendaftarkan kepesertaan masyarakat ke BPJS Ketenagakerjaan.

Jaminan sosial disebut berkeadilan, karena dengan jaminan sosial tidak ada lagi masyarakat miskin baru.

“Dengan adanya jaminan sosial ini, maka tidak ada lagi kemiskinan baru yang tercipta, maupun anak-anak putus sekolah,” tuturnya.

Dari 13 kabupaten/kota yang ada di Papua Barat belum mencapai angka 75 persen mengcover masyarakatnya di BPJS Ketenagakerjaan.

Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo mengharapkan dengan adanya kerjasama ini, BPJS Ketenagakerjaan dapat terus meningkatkan pelayanan, sehingga manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat dirasakan seluruh peserta beserta keluarganya.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahkan jaminan kematian dan jaminan beasiswa kepada ahli waris, oleh wakil bupati Manokwari didampingi kepala BPJS Ketenagakerjaan Papua Barat, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Manokwari. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.