Pemkab Manokwari Pastikan Ratusan Mahasiswa Asal Manokwari Terima Bantuan Pendidikan Tahap I 2022

0
Kabag Kesra Manokwari
Kabag Kesra Setda Manokwari Olipus Nuham didampingi Kasubag Pendidikan Kesra Setda Kabupaten Manokwari Dorsila Rumadas.(Foto: Elyas/Klikpapua)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com- Pemerintah Kabupaten Manokwari, melalui bagian kesejahteraan masyarakat (Kesra) memastikan, ratusan mahasiswa asal Manokwari tahun ini menerima bantuan dana pendidikan.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Kabupaten Manokwari Olipas Nuham saat ditemui, Selasa (12/7/2022) menjelaskan, Pemkab Manokwari tahun 2022 ini menganggaran dana pendidikan sebesar Rp3.857.500.000 untuk mahasiswa semester akhir yang ber KTP Manokwari.

“Berkaitan dengan dana bantuan pendidikan, di Kesra ini hanya bantu untuk mahasiswa semester akhir, mereka terima sesuai data yang masuk, ada sekitat 600an mahasiswa asal Manokwari yang menempuh studi di berbagai daerah, baik di Papua maupun di luar Papua,” jelasnya.

Dikatakan Nuham, bantuan dana pendidikan itu diberikan kepada mahasiswa yang ber KTP Manokwari, pembagian dana bantuan pendidikan itu diberikan secara merata dengan nominal yang sama.

“Dana untuk pendidikan tahun ini berjumlah tiga milliar delapan ratus lima puluh tujuh juta lima ratus ribu rupiah, ini dibayarkan bertahap. Dalam tahun ini ada dua tahap pencairan. Hari ini, mahasiswa menerima tahap pertama dari jumlah 600 an mahasiswa. Dana bantuan tersebut langsung ditranser ke rekening masing-masing mahasiswa,” imbuhnya.

Disebutkan, persyaratan untuk menerima bantuan tersebut yang harus lampirkan berupa kartus mahasiswa, KRS, kartu aktif kuliah, kartu keluarga, KTP Manokwari, rekening bank Papua. Bagi mahasiswa yang sudah pernah menerima bantuan dana pendidikan tahun sebelumnya, tidak lagi diakomodir tahun berikut.

Sementara, Kasubag Pendidikan Kesra Setda Kabupaten Manokwari Dorsila Rumadas menambahkan, bagi mahasiswa penerima bantuan pendidikan, daftar nama telah tertempel di depan ruang kantor Kesra Manokwari. Dafrat nama tersebut setelah mendapatkan SK dari Bupati Manokwari.

Dorsila merinci, Pencairan anggaran bantuan pendidikan bagi mahasiswa semester akhir itu terbagi dalam dua tahap, bantuan pendidikan tahun ini sebesar Rp3.857.500.000, masing-masing tahap RpRp1.928.750.000.

“Ini hanya berlaku sekali saja, jadi mahasiswa yang sudah pernah menerima sebelumnya tidak lagi diakomodir,”sebutnya.

Dikatakan, besaran bantuan pendidikan itu disesuaikan berdasarkan jenjang pendidikan dan jurusan, seperti mahasiswa ilmu teknik Rp 10 juta, mahasiswa ilmu kedokteran Rp15 juta, mahasiswa ilmu eksata non teknik Rp7,5 juta, mahasiswa ilmu sosial Rp5 juta dan bantuan penulisan akhir Rp3 juta serta mahasiswa D3 dan D4 Rp3 juta.
“Ada juga bantuan pendidikan S2, dananya terpisah yakni sebesar Rp1 miliar, dengan jumlah 200 orang, masing-masing menerima Rp10 juta, yang akan dicairkan tahun ini juga,” tutup Dorsila.

Sementara, jumlah penerima bantuan pendidikan tahun 2022 tahap 1 sebanyak 181 orang, dengan rincian untuk jenjang S1 Teknik sebanyak 111 orang, jenjang pendidikan non teknik 49 orang, jenjang pendidikan profesi kedokteran 8 orang, dan jenjang pendidikan D4 13 orang. (dra)

Pemkab Manokwari Pastikan Ratusan Mahasiswa Asal Manokwari Terima Bantuan Pendidikan Tahap I 2022


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.