Pemkab Manokwari Gandeng BCA dan Perdami Gelar Operasi Katarak Gratis di RSUD

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari bersama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) KCU Jayapura menggelar operasi katarak gratis di RSUD Manokwari, Sabtu (11/11/2023).

Program operasi katarak ini menggandeng Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK Perdami), dilaksanakan selama dua hari sejak Sabtu (11-12/11/2023).

Operasi ditargetkan mencapai 150 pasien di Manokwari yang telah memenuhi kriteria medis untuk mendapatkan operasi katarak dari tim Perdami dan tim dokter spesialis mata dari RSUD Manokwari.

Plh Direktur RSUD Manokwari Elisabet R. Ayomi dalam laporannya menyebut, bakti sosial operasi katarak yang dibarengi dengan peresmian ruangan perawatan intensif untuk bayi dengan kondisi khusus atau Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dalam rangka memperingati hari jadi kota Manokwari ke-125 tahun.

“Sasaran Baksos adalah masyarakat umum, lansia dan pra lansia yang mempunyai masalah katarak. Dengan target jumlah pasien sebanyak 150 orang,” sebutnya.

Sementara untuk gedung NICU, sudah dapat difungsikan namun masih membutuhkan dukungan penambahan dokter spesialis anak. Mengingat, di RSUD Manokwari saat ini hanya memiliki seorang dokter spesialis anak.

Yusuf Efendi, Kepala BCA KCU Jayapura mengatakan, bakti sosial operasi katarak merupakan agenda rutin BCA sejak 2021, dalam rangka komitmen BCA berpartisi menurunkan angka kebutaan, program ini diharapkan dapat memberikan sinar harapan dan meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat Manowari dan sekitarnya yang membutuhkannya.

Bupati Manokwari Hermus Indou mengatakan, Pemkab Manokwari berkomitmen meningkatkan kualitas sarana dan prasarana maupun SDM RSUD Manokwari, dengan harapan menjadi rumah sakit rujukan di Papua Barat.

“Kapasitas dan kualitas rumah sakit ini kita sedang berjuang bersama-sama untuk meningkatkannya sebagai rumah sakit rujukan di ibu kota provinsi. Kita berharap rumah sakit ini berkualitas dalam semua faktor yang bisa mewujudkan pelayanan kesehatan terbaik,” tuturnya.

Bupati Hermus juga mengapresiasi BCA yang sudah membantu Pemkab Manokwari dalam memberikan pelayanan kesehatan terutama dalam mendukung operasi katarak di Manokwari. (dra)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.