Pembangunan Pasar Sentral Sanggeng Resmi Dimulai, Ditarget Rampung Juli 2024

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Pembangunan Pasar Sentral Sanggeng resmi dimulai, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Kabupaten Manokwari Hermus Indou bersama Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw pada, Rabu (25/10/2023). Pembangunan ditarget rampung pada Juli 2024.

Peletakan batu pertama itu, dihadiri anggota DPRD Papua Barat, DPRD Kabupaten Manokwari, Forkopimda dan disaksikan oleh masyarakat.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Barat, Marsudi menyebut pembangunan pasar sentral tersebut akan dibangun tiga lantai di atas lahan seluas 27.809 meter persegi dengan luas bangunan 21.519 meter persegi.

Pasar tersebut, memiliki kapasaritas los 1.016 unit dan kios 394 unit. Akan dikerjakan selama 270 hari kalender sejak Oktober 2023-Juli 2024, dengan total biaya pembangunan sebesar Rp 148.438.100.000.

“Pasar Sentral Sanggeng itu telah dirancang dan direncanakan dengan menerapkan standar bangunan gedung hijau. Dimana, nantinya dapat meminimalisir penggunaan energi, pengelolaan sampah yang baik, tata suara dan pencahayaan yang nyaman serta efesiensi penggunaan air bersih dan pengelolaan air limbah,” kata Marsudi.

Bupati Kabupaten Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya mengatakan, pmbangunan Pasar Sentral Sanggeng merupakan salah satu proyek strategis nasional yang menjadi prioritas pemerintah daerah.

Dikatakannya, pasar sanggeng adalah simbol ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, karena pasar ini tidak hanya melayani masyarakat di Manokwari saja melainkan dapat melayani lima kabupaten di Papua Barat.

“Pasar ini tudak hanya melayani masyarakat di Manokwari, pasar ini melayani lima kabupaten. Kabupaten Manokwari, Mansel, Pegaf, Teluk Bintuni, Teluk Wondama dan juga Kabupaten Tambrauw,” kata Bupati.

Pasar Sanggeng ini adalah, simbol transformasi pembangunan kota, dan juga ibu kota Provinsi Papua Barat.

“Pemerintah Kabupaten Manokwari bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat dan stakeholder berjuang dengan satu tema besar yaitu transformasi pembangunan ibu kota Provinsi dan juga sebagai kota peradaban di Tanah Papua,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua Barat merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Pusat dalam menghadirkan pembangunan di daerah.

Hadirnya pasar Sanggeng ini, dihrapkan dapat meningkatkan kepentingan ekonomi masyarakat dan pemerintah daerah. (dra)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.