Pangdam XVIII/Kasuari Tegaskan Prajurit TNI Netral, Tidak Netral Siap Terima Sanksi

0

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap, menegaskan, bahwa TNI tetap netral dalam pemilihan umum (pemilu).

“Sebagai prajurit TNI saya berharap netral, tidak berpihak kepada partai politik mana pun, apalagi tim pemenangan, baik, Presiden, DPR, gubernur, walikota maupun bupati. Kalau ada yang tidak netral,tentu melanggar aturan yang berlaku di institusi TNI,” katanya, Kamis (5/9/2023).

Ia menegaskan,pentingnya menjaga situasi keamanan menjelang pemilu serentak di kabupaten/kota di Papua Barat dan Papua Barat Daya.

“Tugas kita adalah menjaga daerah tetap aman dan kondusif. Sehingga pelaksanaan pemilu tetap aman dan kondusif tanpa ada yang menganggu stabilitas keamanan di daerah ini,” tegasnya.

Ia mengatakan, berkaitan dengan pemilu, aturan yang mengatur itu sudah jelas dalam aturannya bahwa TNI netral. Ada lima poin aturan yang mengikat bagi prajurit dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilu.

“Tidak memihak, serta meminjamkan peralatan militernya, tidak boleh mengarahkan memilih yang mana, terhadap istri- istrinya,”katanya.

“Kemudian, apabila prajurit itu mencalonkan diri, silakan mengundurkan diri dari TNI, tidak merangkap,” tambahnya.

Yang terpenting bagi prajurit TNI adalah netralitas. Apabila lima poin aturan tersebut dilanggar bagi prajurit, maka akan  dikenakan sanksi.

“Saya akan tindak tegas. Bagi prajurit terlibat. Itu sudah saya sampaikan kepada anggota Kodam XVIII/Kasuari,” tegasnya.

Ia meminta, kepada pihak yang lain untuk tidak mengajak serta tidak mempengaruhi prajurit terlibat dalam politik praktis. “Kalau ada seperti itu, tidak ada kompromi, jelas saya akan tidak tegas. Kita hanya fokus pada tugas adalah menjaga pemilu tetap aman tanpa terjadi gangguan kamtibmas hingga pelaksanaan pemilu berjalan kondusif,” ungkapnya.

Terkait pengamanan di daerah. TNI memiliki tiga kekuatan satgas,yang tersebar di kabupaten/kota di Papua Barat yaitu, Tambrauw, Maybrat, Sorong Selatan sampai dengan Kaimana.

“Ya alhamdulillah mereka saat ini melaksanakan tugas pokok untuk mengamankan daerah itu,”pungkasnya.(ar)

Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.