Musrenbang Distrik Prafi, Edi Budoyo : Usulan Tidak Hanya ke Pemkab,Tapi ke Provinsi dan Pusat

0
522

MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Pelaksanaan Musrenbang Distrik pada prinsipnya agar dapat menggali potensi daerah, permasalahan serta aspirasi masyarakat, karena bagaimana pun juga masyarakat yang lebih mengetahui apa yang mereka butuhkan sesuai dengan kondisi daerahnya.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo saat memberikan sambutan pada Musrenbang Distrik Prafi, Selasa (11/2/2020).

Edi Budoyo mengharapkan semua usulan program kegiatan yang dihasilkan dalam musrenbang distrik tidak saja ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Manokwari, tetapi juga memuat usulan-usulan yang ditujukan pada pemerintah pusat, pemerintah Provinsi Papua Barat, termasuk usulan yang didanai melalui dana desa maupun alokasi dana kampung.

Perlu diketahui tahun 2020 ini dana desa dialokasikan sebesar  Rp. 145.965.741.000,- (Seratus empat puluh lima miliar sembilan ratus enam puluh lima juta tujuh ratus empat puluh satu ribu rupiah). Bila dibandingkan dengan tahun 2019 lalu mengalami peningkatan sebesar 3,63%. “Peningkatan dana desa ini di satu sisi menjadi berkat tersendiri bagi masyarakat, namun di sisi lain menuntut keseriusan kita dalam merencanakan, memanfaatkan dan mempertanggung jawabkan sesuai ketentuan yang berlaku, ” tambah Edi Budoyo.

Lebih lanjut Edi Budoyo mengatakan pentingnya forum musrenbang dihadiri oleh para perwakilan kampung maupun stakeholder terkait, termasuk anggota dewan yang terhormat pada daerah pemilihan Distrik Prafi untuk bersama-sama menentukan program/kegiatan prioritas yang akan diusulkan ke pemerintah kabupaten, provinsi maupun pemerintah pusat sesuai kewenangannya.

“Khusus bagi para anggota dewan yang terhormat, dimohon kiranya bapak/ibu dapat mencermati setiap usulan yang disampaikan dalam forum musrenbang ini untuk disinkronkan dengan hasil reses, sehingga kedua produk aspirasi masyarakat ini dapat sejalan dengan tetap mengacu ke arah pencapaian rencana pembangunan Kabupaten Manokwari,” tambah Edi Budoyo.

Hasil musrenbang tingkat distrik ini selanjutnya akan disinergikan dengan rencana kerja (renja) OPD dan akan dilakukan pembahasan pada forum OPD dan dilanjutkan dengan musrenbang tingkat Kabupaten Manokwari yang direncanakan akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Maret 2020. Sedangkan usulan program/kegiatan yang merupakan kewenangan pemerintah provinsi akan dilanjutkan ke provinsi pada saat musrenbang provinsi yang direncanakan berlangsung pada akhir Maret 2020.

Kepala Distrik Prafi Klemens Meidodga menyampaikan biaya musrenbang ini dibiayai oleh dana rutin kantor Distrik Prafi tahun 2020, dan peserta yang diundang adalah kepala kampung di dataran Prafi dan para tokoh lainnya.(aa/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.