Milad 55, MW KAHMI Papua Barat Gelar Vaksinasi COVID-19

0
76
Vaksinasi ini berlangsung di Masjid Darul Ulum Amban, Jumat (17/9/2021). (Foto: Ist)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Serangkaian kegiatan digelar Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Papua Barat. Beberapa kegiatan itu dilaksanakan menyambut Milad atau hari jadi KAHMI yang ke-55, Jumat (17/9/2021).
Salah satu kegiatan yang digelar KAHMI di hari jadinya ini adalah vaksinasi COVID-19 secara massal. Kegiatan yang diinisiasi bersama pengurus masjid Darul Ulum Amban. Vaksinasi yang menyasar warga di sekitar Kelurahan Amban tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIT. Hasilnya, dalam beberapa jam dibuka, sebanyak 209 orang berhasil divaksin.
Kegiatan bersama ini, mendapat respon positif dari Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, dr. Nurmawati. Menurut dia, vaksinasi ini sangat membantu pemerintah  dalam program mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Manokwari. “Kami sangat apresiasi inisiatif Masjid Darul Ulum dan KAHMI karena mau memfasilitasi tempat untuk vaksinasi. Semoga ke depan, banyak yang mau terlibat sehingga target kita untuk mencapai herd immnunity bisa segera diraih. Supaya kita bisa beraktivitas secara normal kembali,” tutur Nurmawati.
Nurmawati mengungkapkan, karena masih banyaknya berita-berita miring terkait vaksinasi menjadi salah satu kendala dalam pelaksanaan vaksinasi. Dia berharap dengan makin banyaknya orang yang mengikuti vaksinasi, maka tingkat kepercayaan masyarakat untuk datang mengikuti program ini akan semakin banyak. “Kita masih perlu banyak contoh sehingga orang benar-benar percaya dan mau divaksin. Karena bagaimana pun, berita-berita miring banyak yang mempengaruhi persepsi masyarakat,” kata Nurmawati.
Senada dengan dr. Nurmawati, Dwi Hindrawati, pengurus Masjid Darul Ulum Amban, sangat antusias dengan keberhasilan pelaksanaan vaksinasi tersebut. Menurutnya, acara ini sebenarnya dilakukan karena masih banyak jamaah masjid yang belum divaksin. “Kita ingin menyasar para jamaah dan mahasiswa yang ada di sekitar masjid dan belum vaksin. Makanya kami berinisiatif mengundang dinas untuk melakukan vaksin,” tutur Dwi.
Sementara itu, Koordinator Presidium MW KAHMI, Hasan Makasar mengatakan kerjasama pelaksanaan vaksinasi ini sesuai dengan tema MW KAHMI dalam Milad kali ini, yakni Bergerak Bersama, Maju Bersama, Demi Kejayaan. “KAHMI sebagai wadah alumni, harus aktif dalam gerakan kekinian.  Para alumni, baik secara kelembagaan mauun individu harus menjadi mediator dan katalisator dalam membantu pemerintah. Kalau  kondisi sekarang, tentu terkait dengan penanganan virus-19,” ujar Hasan.
Harapannya, lanjut Hasan dengan kegiatan ini kondisi di Papua Barat segera pulih. Sehingga kondisi sosial ekonomi di daerah ini menjadi normal.  Selain vaksinasi massal yang bekerjasama dengan Masjid Darul Ulum, kegiatan lain yang digelar adalah pembacaan doa dan shalawat virtual yang diikuti sejumlah majelis daerah. Kegiatan lainnya adalah diskusi dengan seluruh kader HMI dan alumni di Kabupaten Manokwari. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.