Mahasiswa KKN UNIPA Adakan Aksi Sikat Gigi dan Cuci Tangan Bersih di Kampung Wariori

0
1021
Mahasiswa KKN UNIPA sedang mengajari anak-anak SD cara Sikat Gigi dan Cuci Tangan yang benar.

MANOKWARI, KLIKPAPUA.COM–Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Papua tahun 2019 mengadakan aksi Sikat Gigi dan Cuci Tangan Bersih pada siswa-siswi di dua SD di Kampung Wariori SP 8.

Aksi ini dilakukan selama dua hari berturut-turut yaitu tanggal 24 Juli diadakan di SD Inpres 2 Masni, Kampung Wariori dan tanggal 25 Juli diadakan di SD YPPK Santa Maria Distrik Masni.

Aksi ini bekerjasama dengan Puskesmas Distrik Masni yang bertindak sebagai narasumber dalam aksi ini. “Aksi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran siswa-siswi SD di Kampung Wariori akan pentingnya menjaga kebersihan gigi dan tangan, aksi ini sendiri melibatkan siswa-siswi kelas 1 – 6 SD Inpres 28 Masni Kampung Wariori dan siswa-siswi kelas 4 – 6 SD YPPK Santa Maria Distrik Masni,” tutur Gita, Ketua Kelompok KKN Unipa Kampung Wariori.

Sebelum melakukan Aksi Sikat Gigi dan Cuci Tangan, siswa-siswi SD menerima pengarahan dari pihak puskesmas tentang cara menyikat gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar.

“Kebanyakan anak-anak kita, bermasalah akan kesehatan terutama kesehatan gigi, karena ini berpengaruh kepada tingkat kemampuanya dalam menangkap pelajaran. Seandainya si anak lagi gangguan kesehatan seperti sakit gigi, tentunya daya tangkapnya akan berbeda dengan anak yang sehat, dia akan merasa terganggu dengan sakit yang dia alami,” tutur Rijal, petugas puskesmas.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Inpres 28 Masni, Hartono mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kegiatan ini sangat bagus sekali, karena bisa mendukung kegiatan sekolah supaya anak-anak bisa mengerti tentang cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar,” tutur Hartono.

“Terimakasih kepada kakak-kakak KKN yang sudah melakukan sosialisasi untuk sikat gigi maupun cuci tangan, semoga apa yang sudah diberikan untuk anak-anak kami, dapat lakukan di rumah maupun di sekolah dengan baik,” tambah Maria, Guru SD YPPK Santa Maria Distrik Masni saat ditanya tentang kegiatan ini.(rls)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.