KPw BI Papua Barat Kembali Buka Layanan Kas Keliling Retail di Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H

0
77
Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Papua Barat, Ruth W.Eka Trisilowati. (Foto: Humas BI Papua Barat)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Dalam pemenuhan kebutuhan uang tunai di Ramadhan dan Idul Fitri 1443H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat (KPw BI Provinsi Papua Barat) berkomitmen memberikan layanan optimal kepada masyarakat, agar uang rupiah layak edar tersedia dalam jumlah cukup dengan pecahan yang sesuai kebutuhan masyarakat.
Mengantisipasi potensi peningkatan transaksi masyarakat, sejalan dengan kebijakan pemerintah yang melonggarkan mobilitas masyarakat dengan semakin baiknya kasus Covid 19, termasuk kegiatan mudik Idul Fitri, Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Papua Barat, Ruth W.Eka Trisilowati mengatakan, KPw BI Provinsi Papua Barat telah menyiapkan strategi pemenuhan kebutuhan uang rupiah dan layanan kas kepada masyarakat umum. Tahun ini akan dibuka kembali kegiatan layanan kas keliling retail yang tidak dilaksanakan dalam dua tahun pandemi Covid 19, termasuk layanan penukaran uang tunai kepada masyarakat di lokasi-lokasi umum.
Kegiatan layanan kas tersebut, kata Ruth, tetap dilakukan dengan menerapkan Protokol Kesehatan selama layanan penukaran. Selain itu, dalam upaya memitigasi dampak pandemi Covid 19 dan mengikuti perkembangan digitalisasi, pembukaan kembali layanan kas keliling Bank Indonesia dilakukan melalui inovasi pemesanan secara Online dengan menggunakan Aplikasi PINTAR, sehingga masyarakat semakin nyaman, mudah dan memperoleh kepastian serta keakuratan jumlah dan kualitas uang yang ditukarkan.
Lanjut Ruth mengatakan, untuk layanan kas melalui penukaran uang tunai selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443H, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum dengan memperhatikan, Pertama, Penukaran Uang melalui loket layanan kas bank, mulai 4-29 April 2022.
KPw BI Provinsi Papua Barat bersinergi dengan Perbankan di Papua Barat. Layanan penukaran uang dapat dilakukan di 60 kantor bank yang berada di wilayah Provinsi Papua Barat tanpa menggunakan KTP. Untuk waktu pelaksanaan penukaran disesuaikan dengan kebijakan jam layanan masing-masing bank.
Kedua, Penukaran Uang melalui Mobil Kas Keliling Bank Indonesia, setiap Selasa dan Rabu, mulai 6 April 2022. Guna menghindari kerumunan, masyarakat diharapkan memesan penukaran uang terlebih dahulu, melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id) sebelum hadir ke lokasi layanan Kas Keliling Bank Indonesia. Lebih lanjut mekanisme pemesanan melalui aplikasi PINTAR dapat dilihat melalui tautan https://bit.ly/PintarMkw:
Pengaturan layanan penukaran dilakukan sebagai berikut, penukaran melalui aplikasi PINTAR dengan menggunakan KTP dapat dilayani  satu kali dalam sehari dan dapat menukar pada kesempatan berikutnya.
Adapun lokasi layanan kas keliling untuk Kabupaten Manokwari di Manokwari City Mall, Pasar Sanggeng dan Pasar Wosi, sedangkan di luar kota akan dilaksankan di Kabupaten Soronng (Aimas) dan Kabupaten Kaimana.
Untuk memberikan kesempatan yang sama dan merata kepada seluruh masyarakat, penukaran uang dapat dilakukan kepada masing-masing penukar sebanyak 100 lembar per pecahan Rp20.000,-, Rp10.000,-, Rp5.000,-, Rp2.000,-, dan Rp1.000,-.
Apabila terdapat kendala dalam pengoperasian aplikasi PINTAR dapat menghubungi Helpdesk Pengelolaan Uang Rupiah (PUR) KPw BI Provinsi Papua Barat pada nomor telepon (0986) 216064 ext. 8317.
Bank Indonesia juga senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memberikan layanan sistem pembayaran tunai dan non-tunai guna mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443H. (rls/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.